Melihat Perkembangan Kasus Corona di 8 Provinsi Prioritas di Indonesia

Kompas.com - 21/07/2020, 20:15 WIB
Tangkapan layar Peta Sebaran Kasus Virus Corona di Indonesia screenshootTangkapan layar Peta Sebaran Kasus Virus Corona di Indonesia

KOMPAS.com - Pemerintah memprioritaskan penanganan wabah Covid-19 di delapan provinsi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (21/7/2020).

"Karena delapan provinsi ini berkontribusi sekitar 74 persen dari total kasus yang ada di Indonesia," kata Wiku.

Adapun, delapan provinsi itu adalah Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menanggapi prioritas penanganan tersebut, epidemiolog dari Griffith University, Australia Dicky Budiman, mengatakan hal tersebut adalah gagasan positif.

Menurut Dicky, dengan adanya prioritas, bisa memperkuat pemerintah daerah dalam melakukan intervensi secara optimal.

"Dengan adanya prioritas ini, artinya bisa juga daerah sekitar lebih waspada, dan juga seluruh komponen di wilayah atau provinsi tersebut bisa sadar bahwa daerahnya dalam kondisi yang harus disikapi secara serius," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Pemerintah Prioritaskan Penanganan Covid-19 di 8 Provinsi Ini

Disikapi serius

Dia mengatakan bahwa daerah yang sudah ditetapkan sebagai prioritas harus menyikapi pandemi dengan serius. Penyikapan ini dilakukan secara menyeluruh oleh semua komponen yang ada, baik itu masyarakat, tokoh, maupun pejabat publik.

"Jangan sampai sudah ditetapkan dalam posisi prioritas, tapi masih ada komponen, seperti masyarakat, tokoh, pejabat publik yang masih abai atau malah tidak menganggap pandemi ini sebagai sesuatu yang tidak serius," kata Dicky.

Namun, ia menambahkan, hal lain yang harus diingat adalah jangan sampai penanganan pandemi di daerah-daerah lain yang bukan prioritas menjadi kurang diperhatikan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X