Ilmuwan Jerman akan Adakan Konser Indoor Saat Pandemi Corona, Ini Alasannya

Kompas.com - 21/07/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi konser shutterstockIlustrasi konser

KOMPAS.com - Para ilmuwan Jerman berencana menyelenggarakan sebuah konser yang dilengkapi dengan mesin asap (fog machine), pembersih tangan dengan cahaya (fluorescent hand sanitizer), dan alat pelacak kontak.

Eksperimen ini direncanakan untuk mengetahui apakah mungkin mengadakan acara yang besar di dalam ruangan (indoor) tanpa menyebabkan penyebaran virus corona Covid-19.

Mengutip Business Insider, (21/7/2020), para ilmuwan dari Martin Luther University of Halle-Wittenberg akan mengundang 4.000 orang untuk datang ke stadion indoor di Leipzig dan menyaksikan penyanyi pop Jerman, Tim Bendzko pada 22 Agustus mendatang.

Acara ini merupakan bagian dari proyek 1,1 juta dollar yang disebut sebagai Restart-19.

"Kami tengah mencoba menemukan apakah ada jalan tengah antara normal lama dan normal baru yang memungkinkan penyelenggara untuk memasukkan orang dalam jumlah cukup banyak ke tempat konser dan tidak menimbulkan kerugian," kata Stefan Moritz, anggota tim sekaligus orang yang bertugas mengoordinir eksperimen ini.

Baca juga: Mengenal Wiku Adisasmito, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Pengganti Achmad Yurianto

Di dalam situs universitas, dikatakan bahwa pelarangan massa untuk membatasi penyebaran virus corona telah menjadi 'ancaman eksistensial bagi banyak atlet dan artis'.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab para atlet dan artis bergantung pada audiens dalam menonton perlombaan atau konser. Kerumunan besar dalam acara resmi juga jarang ditemui selama pandemi berlangsung.

Teknis eksperimen

Peserta yang berkeinginan mengikuti Restart-19 harus berusia 18-50 tahun dan tekonfirmasi negatif virus corona dalam waktu 48 jam sebelum eksperimen dimulai.

Semua peserta harus menggunakan masker dan diharapkan mengikuti tiga konser.

Satu konser tanpa jarak fisik, satu dengan alur masuk yang lebih lambat dan fokus pada kebersihan, serta satu lagi dimana para peserta akan duduk jauh satu sama lain untuk menjaga jarak fisik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.