Terjebak Limbah Plastik, Ratusan Kura-kura Ini Berhasil Diselamatkan

Kompas.com - 16/07/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi kura-kura ShutterstockIlustrasi kura-kura

KOMPAS.com - Cerita pilu mengenai laut yang terkena imbas limbah plastik semakin sering ditemukan di berbagai negara.

Terbaru, sekitar 160 kura-kura berhasil diselamatkan setelah dibersihkan di salah satu pantai terpanjang di Bangladesh, Rabu (15/7/2020).

Pada akhir pekan lalu, kura-kura Olive Ridley itu mengapung di Pantai Cox's Bazer dan terjebak di antara botol plastik, jaring ikan, pelampung, dan puing-puing lainnya.

Banyak dari mereka terluka setelah terjerat oleh limbah plastik, bahkan sekitar 30 di antaranya mati dan dikubur di pasir.

Setelah diselamatkan, kura-kura itu dibebaskan ke Teluk Bengal. Namun, beberapa di antaranya kembali ke pantai.

"Ini adalah pertama kalinya kami menyaksikan kematian berskala besar dan membersihkan kura-kura terluka di pantai. Ini belum pernah terjadi sebelumnya," kata Wakil Direktur Departemen Lingkungan setempat, Nazmul Huda, dikutip dari AFP, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: Pemprov DKI Larang Plastik Sekali Pakai agar Masyarakat Kurangi Limbah Plastik

"Sekitar 160 kura-kura telah diselamatkan hidup-hidup. Tapi setelah dilepaskan ke laut, beberapa kura-kura kembali ke pantai. Saya pikir mereka terlalu lemah untuk tinggal di laut," lanjut dia.

Banyak kura-kura menderita luka-luka karena terperangkap di sekitar 50 ton limbah yang mengambang seluas 10 kilometer di sepanjang pantai.

Menurut salah satu kelompok konservasi lokal, Darianagar Green Boys, mereka menemukan beberapa kura-kura yang telah kehilangan kaki dan kepala.

"Beberapa kura-kura tidak memiliki kaki atau kepala. Kami juga menyelamatkan seekor kura-kura dengan berat 40 kilogram yang masih hidup. Dia terjerat dalam jaring plastik dan tak memiliki kaki," kata Asaduzzaman Sayem.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X