Mengenal Eucalytol yang Diklaim Mampu Atasi Virus Corona oleh Kementan

Kompas.com - 05/07/2020, 18:47 WIB
ilustrasi minyak kayu putih (eucalyptus) shutterstockilustrasi minyak kayu putih (eucalyptus)

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) belakangan disorot warganet karena mengeluarkan produk berupa kalung aromaterapi berbahan eucalyptus yang disebut mampu atasi virus corona.

Kementerian Pertanian optimis eucalyptus yang dibuat dengan teknologi nano ini mampu mengatasi virus corona karena mengandung senyawa eucalyptol.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Fadjry Djufry mengatakan, penelitian menunjukkan eucalyptol ini berpotensi mengikat protein Mpro sehingga menghambat replikasi virus.

"Manfaat tersebut dapat terjadi karena 1,8 cineol dari eucalyptus disebut eucalyptol dapat berinteraksi dengan transient receptor potential ion chanel yang terletak di saluran pernapasan,” jelas Kepala Badan Litbang Pertanian, Fadjry Djufry dalam keterangan yang diterima Kompas.com Sabtu (4/7/2020).

Lantas apa sebenarnya senyawa eucalyptol yang ada dalam kandungan eucalyptus ini?

Baca juga: Kalung Antivirus Corona Kementan, Ahli: Komunikasinya Harus Jelas, Bukan sebagai Obat

Mengenal eucalyptol

Eucalyptol merupakan monoterpen yang ditemukan secara alami pada banyak tanaman aromatik.

Melansir dari Chemical Book, nama eucalyptol merujuk dari keberadaannya dalam minyak esensial Eucalyptus globulus dan Melaleuca leucadendron L.

Pada tanaman seperti minyak kayu putih, eucalyptol menjadi komponen utama di mana 85 persennya merupakan senyawa tersebut.

Eucalyptus polibrac, juga dilaporkan mengandung hingga 91 persen eucalyptol.

Eucalyptol merupakan cairan tak berwarna dengan bau khas dengan rasa segar dan menyengat yang secara eksklusif diperoleh dengan cara isolasi minyak esensial.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X