Berkaca dari Rusuh di Madina, Berikut Besaran Dana dan Syarat Jadi Penerima BLT

Kompas.com - 02/07/2020, 06:05 WIB
Ratusan warga memblokade jalan nasional yang menghubungkan antara Sumatera Utara dan Sumatera Barat di Desa Mompang Julu, Panyabungan Utara, Mandailing Natal, Senin 29/5/2020). Aksi yang dipicu gara-gara BLT Covid-19 ini mengakibatkan bentrok antar kelompok warga dan aparat keamanan, dan dikabarkan sedikitnya dua unit mobil dibakar serta sejumlah polisi mengalami luka-luka handoutRatusan warga memblokade jalan nasional yang menghubungkan antara Sumatera Utara dan Sumatera Barat di Desa Mompang Julu, Panyabungan Utara, Mandailing Natal, Senin 29/5/2020). Aksi yang dipicu gara-gara BLT Covid-19 ini mengakibatkan bentrok antar kelompok warga dan aparat keamanan, dan dikabarkan sedikitnya dua unit mobil dibakar serta sejumlah polisi mengalami luka-luka

KOMPAS.com - Ratusan warga di Desa Mompang, Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Mandailing Natal, Sumatera Utara memblokade jalan nasional pada Senin (29/6/2020).

Aksi protes di jalan yang menghubungkan dengan Provinsi Sumatera Barat tersebut dilakukan terkait dengan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dilansir Kompas.com, Senin (29/6/2020), warga memprotes kebijakan kepala desa yang hanya memberikan Rp 200.000 pada warga penerima manfaat.

Baca juga: Penelitian: BLT dan Raskin Tak Bisa Bebaskan Anak dari Kemiskinan

Sebenarnya berapa besaran BLT yang bisa diterima warga?

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan besaran BLT sudah diatur dalam Permendesa 6/2020 tertanggal 15 April 2020.

Besaran BLT yang diterima warga, seharusnya adalah Rp 600.000.

"Untuk triwulan pertama sebesar Rp 600 ribu, mulai April-Juni. Sementara untuk triwulan kedua, mulai Juli-September sebesar Rp 300 ribu," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Baca juga: Benarkah Anak Miskin Cenderung Tetap Miskin Ketika Dewasa?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X