Terus Bertambah, Berikut Daftar Perusahaan yang Boikot Facebook

Kompas.com - 01/07/2020, 18:22 WIB
Iklan Facebook kini lebih transparan. FacebookIklan Facebook kini lebih transparan.

KOMPAS.com - Daftar perusahaan yang menyatakan memboikot iklan di media sosial Facebook kian panjang.

Seperti diberitakan Kompas.com (29/6/2020) mengutip CNN, aksi boikot ini merupakan bentuk protes terhadap "kegagalan" Facebook dalam menghentikan penyebaran ujaran kebencian.

Sejumlah koalisi Hak Asasi Manusia (HAM), termasuk Anti-Defamation League (ADL) dan NAACP meluncurkan kampanye #StopHateforProfit, yang mendorong perusahaan-perusahaan besar menunda atau membatalkan iklan mereka di Facebook.

Baca juga: Di Tengah Aksi Boikot Perusahaan Besar, Facebook Umumkan Kebijakan Baru

Ford, Honda, dan VW

Terbaru, tiga pabrikan otomotif terkemuka dunia, yakni Ford, Honda, dan VW kini bergabung dalam barisan perusahaan yang memboikot Facebook.

Melansir The Guardian, Ford mengumumkan niat mereka untuk menghentikan semua iklan di platform media sosial khususnya Facebook. Dengan rencana ini, Ford mengikuti langkah Honda yang sudah lebih dulu memboikot iklan di Facebook.

Juru bicara Honda Eropa menyebut bahwa keputusan boikot Facebook sudah tepat. "Sejalan dengan nilai-nilai perusahaan kami, yang didasarkan pada rasa hormat manusia," kata juru bicara Honda Eropa.

Menyusul langkah Ford Eropa dan Honda Eropa, VW mengatakan mereka juga bergabung dalam aksi boikot.

Akibat aksi boikot iklan Facebook oleh para pengiklan besar yang terus meluas, saham Facebook di Wall Street sempat turun hingga 8 persen.

Hal ini membuat pendiri dan juga CEO Facebook, Mark Zuckerberg, kehilangan harta senilai USD 7,21 miliar atau setara dengan Rp 102,6 triliun.

Baca juga: Facebook Diboikot, Mark Zuckerberg Kehilangan Rp 103 Triliun

Diboikot banyak perusahaan

Sebelumnya, seperti diberitakan Kompas.com, sejumlah perusahaan besar memboikot iklan dari Facebook, seperti REI, The North Face, dan Patagonia. Beberapa perusahaan lain pun ikut serta, antara laIn Dashlane dan Upwork.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X