Misteri Covid-19: Banyak Pasien Positif Tidak Menunjukkan Gejala

Kompas.com - 01/07/2020, 06:29 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Sudah 6 bulan sejak kasus virus corona pertama kali diidenfitikasi akhir Desember 2019 di Wuhan, China.

Hingga kini, pandemi corona telah menyebabkan terjadinya lebih dari 500.000 kasus kematian.

Para ilmuwan pun masih terus berusaha melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar virus corona yang belum terjawab.

Salah satu misteri terbesar yang masih belum dapat dijelaskan dengan sempurna adalah segala hal tentang pasien-pasien tanpa gejala.

Orang-orang yang terinfeksi Covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala apapun merupakan salah satu hal yang disebut paling membingungkan dalam darurat kesehatan umum.

Beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia juga menyebut bahwa 80 persen dari kasus yang ditemukan merupakan kasus tanpa gejala.

Baca juga: Fakta Baru Virus Corona: Bisa Menular dari Pasien Tanpa Gejala

Penyebab belum dapat dipastikan 

Melansir NBC News, 30 Juni 2020, para ahli berpendapat bahwa tanpa pemahaman yang lebih baik tentang berapa banyak orang tanpa gejala yang terinfeksi, akan sulit untuk mengetahui secara persis bagaimana kontribusinya terhadap penyebaran virus.

Selain itu, apakah mereka telah memiliki antibodi tertentu dan perlindungan lain yang mungkin memberikan jenis kekebalan tertentu terhadap re-infeksi.

Dokter sekaligus ahli paru di Langone Hospital-Brooklyn New York University, Dr Jorge Mercado, mengatakan bahwa para ilmuwan masih belum yakin mengapa banyak orang yang terpapar virus dan tidak menunjukkan gejala.

"Kita benar-benar tidak tahu banyak tentang penyakit ini. Kita hanya mengetahui sedikit lebih banyak dari tiga bulan lalu, tetapi masih banyak yang belum dapat terjawab," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X