7 Tanya-Jawab soal Orang Tanpa Gejala Covid-19

Kompas.com - 12/06/2020, 13:01 WIB
Pasien orang tanpa gejala (OTG) dan pasien reaktif hasil rapid test Covid-19 melakukan senam pagi bersama relawan dan tenaga medis di Rumah Singgah Karantina Covid-19, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Rumah Singgah Karantina Covid-19 ini merawat 33 pasien OTG Covid-19  dan 12 orang reaktif hasil rapid test. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPasien orang tanpa gejala (OTG) dan pasien reaktif hasil rapid test Covid-19 melakukan senam pagi bersama relawan dan tenaga medis di Rumah Singgah Karantina Covid-19, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Rumah Singgah Karantina Covid-19 ini merawat 33 pasien OTG Covid-19 dan 12 orang reaktif hasil rapid test.

KOMPAS.com – Kasus infeksi vrius corona masih terus bertambah. Berbagai perkembangan tentang mereka yang dinyatakan positif Covid-19 juga sangat dinamis.

Salah satu yang kini menjadi perhatian adalah banyaknya orang tanpa gejala atau OTG yang positif Covid-19.

Orang tanpa gejala (OTG) adalah mereka yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona, tetapi tidak menunjukkan gejala seperti demam, batuk, sesak atau pilek.

Apa saja yang perlu kita ketahui soal OTG? Berikut 7 pertanyaan seputar OTG dan jawabannya:

Seberapa umum kasus infeksi virus corona tanpa gejala?

Melansir Science Alert, memiliki infeksi tanpa gejala adalah hal umum pada suatu kasus penyakit infeksi.

Selain virus corona, penyakit infeksi lain juga kerap tidak menunjukkan gejala.

Misalnya, pada tahun 1900-an pernah ada Typhoid Mary sosok , seseorang tanpa gejala yang banyak dituding menyebarkan demam typoid.

Selain itu, dalam kasus flu juga diperkirakan antara 5 persen hingga 25 persen orang tidak mengalami gejala.

Hal ini karena sebagian besar gejala sebenarnya merupakan efek samping dari upaya tubuh dalam melawan infeksi.

Contoh infeksi virus corona tanpa gejala di antaranya terjadi pada 397 orang yang tinggal di suatu tempat penampungan tuna wisma Boston. Mereka dites positif Covid-19, dan di antara mereka tak satu pun yang menunjukkan gejala.

Adapun warga Jepang yang dievakuasi dari Wuhan, 30 persen positif Covid-19, tetapi mereka juga tidak menunjukkan gejala.

Baca juga: Hingga 7 Juni, 31.186 Orang Positif Covid-19 di Indonesia, 80 Persen Tanpa Gejala

Bagaimana seseorang dapat menyebarkan virus corona ketika ia tidak bersin dan batuk?

Saat ini, yang paling disarankan adalah mengenakan masker sebagai upaya mencegah penyebaran virus melalui droplet yang berasal dari bersin atau batuk seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X