Simak, Begini Cara Mengonsumsi Jamur Enoki agar Tetap Aman

Kompas.com - 29/06/2020, 15:33 WIB
Jamur Enoki KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoJamur Enoki

 

KOMPAS.com – Beberapa hari yang lalu, jamur enoki yang berasal dari perusahaan importir asal Korea dimusnahkan atas rekomendasi Kementerian Pertanian (Kementan).

Pemusnahan dilakukan atas adanya temuan kontaminasi bakteri Listeria monocytogenes pada jamur enoki dari perusahaan Green Co Ltd, Korea selatan.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan, jamur yang tercemar tersebut belum sempat diedarkan karena pencemaran bakteri ditemukan lebih awal.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap tenang, yang telah terjadi kemarin adalah langkah antisipatif dan pengawasan pemerintah. Kami menjaga pangan masyarakat sehat dan aman," kata Kuntoro saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Kuntoro juga menerangkan, jamur enoki yang saat ini ada di pasaran juga aman untuk dikonsumsi.

“Yang di pasaran bukan yang dari perusahaan Korea yang bersangkutan. Aman. Kan yang bermasalah dari Green Co Ltd. Sudah ditarik semua oleh perusahaan importir yang bersangkutan,” jelas Kuntoro.

Baca juga: INFOGRAFIK: Jamur Enoki

Cara aman memasak jamur enoki

Meskipun demikian, agar masyarakat tetap merasa aman dalam mengonsumsi jamur enoki sebaiknya tetap memperhatikan prosedur kesehatan. 

Termasuk di dalamya cara memasak dan memperlakukan jamur enoki.

Kuntoro mengimbau agar jamur enoki sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Jamur enoki ini sebaiknya tidak dikonsumsi mentah atau setengah matang,” papar Kuntoro.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X