Singapura Bagikan Alat Pelacak Covid-19, Begini Cara Kerjanya...

Kompas.com - 29/06/2020, 14:36 WIB
tracetogether singapore screenshoottracetogether singapore

KOMPAS.com - Singapura mulai membagikan perangkat pelacak kontak Covid-19 berkemampuan bluetooth sebagai bagian dari langkah untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Perangkat yang disebut TraceTogether itu merupakan alternatif untuk aplikasi pelacakan kontak pemerintah. Alat ini ditujukan untuk orang yang tidak memiliki atau memilih tidak menggunakan ponsel.

Dilansir dari BBC, Senin (29/6/2020), alat itu didistribusikan gelombang pertama kepada warga berusia lanjut yang rentan dan tidak memiliki keluarga atau bermasalah dalam hal mobilitas.

Perangkat itu memiliki QR code unik dan tanpa khawatir kehabisan baterai karena memiliki daya tahan hingga sembilan bulan.

TraceTogether berkerja dengan menukar sinyal Bluetooth dengan perangkat atau gawai lainnya yang menjalankan aplikasi yang sama.

Pengguna akan diberitahu oleh petugas pelakan kontak jika mereka terdeteksi berada di dekat seseorang yang terinfeksi Covid-19.

Jika mereka kemudian dikonfirmasi telah terpapar virus corona, maka data akan diunduh dari perangkat itu.

Baca juga: Singapura Gunakan Aplikasi Trace Together untuk Lacak Sebaran Covid-19

Privasi pengguna

Terkait alat tersebut, para menteri telah menampik kekhawatiran masyarakat akan privasi pengguna. Sebab, perangkat itu tak dirancang untuk menandai gerakan orang.

Pemerintah Singapura mengatakan bahwa data yang dikumpulkan oleh perangkat akan dienkripsi dan disimpan dalam perangkat selama maksimal 25 hari.

Pihak berwenang juga mengatakan bahwa data tidak dapat diakses dari jarak jauh karena perangkat TraceTogether tidak memiliki kemampuan internet atau jaringan seluler.

Selain itu, pemerintah juga menegaskan bahwa perangkat tersebut tak memiliki sistem GPS, sehingga tak bisa mengumpulkan data lokasi pengguna.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X