Mengenal Shintaro Tsuji, Pencipta Hello Kitty yang Mundur dari CEO Sanrio

Kompas.com - 14/06/2020, 10:05 WIB
Shintaro Tsuji mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Sanrio, pencipta karakter Hello Kitty. AFP via BBCShintaro Tsuji mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Sanrio, pencipta karakter Hello Kitty.

KOMPAS.com - Shintaro Tsuji, pencipta Hello Kitty mengundurkan diri sebagai CEO di perusahaannya, Sanrio pada usia 92 tahun.

Pengunduran diri Tsuji tersebut menandakan peralihan kepemimpinan pertama dalam enam dekade sejak perusahaan itu berdiri pada 1960 di Tokyo.

Cucunya, Tomokuni yang sebelumnya menjadi direktur pelaksana senior akan meneruskan jabatan Tsuji sebagai CEO.

Baca juga: Mengenal Keiji Fujiwara, Pengisi Suara Ayah Shin-chan yang Meninggal karena Kanker

Lantas, bagaimana perjalanan hidup Shintaro Tsuji?

Masa remaja

Hello Kitty raksasa di Terminal 2 Bandara Changi.KOMPAS.COM/NURSITA SARI Hello Kitty raksasa di Terminal 2 Bandara Changi.

Tsuji lahir pada 7 Desember 1927 dari keluarga terhormat yang mengoperasikan restoran dan penginapan di Prefektur Yamanashi.

Kendati demikian, ia menghabiskan masa kecilnya dalam kesepian dan kehidupan yang keras setelah ibunya meninggal akibat leukimia ketika ia berusia 13 tahun.

Dalam sebuah wawancara dengan Japan Times pada 2008 silam, Tsuji mengaku sempat berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di bidang sastra, tapi ia akhirnya memutuskan untuk mendalami kimia.

"Dalam kimia, Anda mencampurkan satu bahan kimia dengan bahan kimia lainnya, dan bang! sesuatu yang baru lahir dari itu. Saya menemukan semacam romantisme. Jadi saya memasuki departemen kimia," kata Tsuji.

Baca juga: Sejarah Munculnya Donal Bebek dan Debut Perdananya di Dunia Film...

Karena masih dalam suasana Perang Dunia II, Tsuji menyebut kampusnya berubah menjadi pusat teknologi Angkatan Laut Jepang.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X