Simulasi Terbang di Era New Normal: Berapa Kira-kira Biaya Yogyakarta-Jakarta dan Surabaya-Jakarta?

Kompas.com - 12/06/2020, 07:10 WIB
Ilustrasi traveling twinsterphotoIlustrasi traveling

KOMPAS.com - Memasuki era new normal atau kenormalan baru, aktivitas masyarakat secara perlahan mulai berjalan kembali dengan sejumlah aturan dan protokol kesehatan ketat.

Larangan bepergian ke luar kota kini telah dicabut, khususnya dengan menggunakan moda transportasi udara.

Namun, berdasarkan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 07/2020, ada sejumlah syarat dokumen yang harus dipenuhi jika akan pergi menggunakan pesawat.

Syarat-syarat itu sebagai berikut:

  • Menunjukkan identitas diri (KTP atau identitas lainnya yang sah)
  • Surat Keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif. Surat keterangan berdasarkan PCR atau swab test ini berlaku 7 hari. Atau, surat keterangan uji rapid test dengan hasil non-reaktif yang berlaku 3 hari saat keberangkatan.
  • Atau, surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas, tang berlaku bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas PCR atau rapid test.

Dengan adanya dokumen perjalanan yang harus disiapkan, ada biaya tambahan pula yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Melakukan Perjalanan, Bawa Hasil Rapid Test, Swab Test, atau Surat Bebas Influenza?

Kira-kira, berapa ya biaya perjalanan yang harus dikeluarkan jika seseorang hendak bepergian dengan menggunakan moda transportasi pesawat?

Biaya ini tentunya dengan melihat perkiraan biaya tiket pesawat dan biaya pengurusan dokumen yang menyatakan negatif Covid-19.

Kompas.com melakukan simulasi biaya perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta dan Surabaya-Jakarta untuk perjalanan tanggal 24 Juni 2020. Pencarian tiket dilakukan pada Kamis (11/6/2020).

Simulasi biaya Yogyakarta-Jakarta

Jika melihat persyaratan di atas, ada biaya tambahan untuk mendapatkan sejumlah dokumen yang diperlukan, selain tiket pesawat.

Simulasi menggunakan Lion Air, keberangkatan 24 Juni 2020

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X