Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelah Menagih, Viral Pria di Yogyakarta Anggap Lunas Utang Temannya Rp 16,4 Juta

Kompas.com - 10/06/2020, 12:49 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Permasalahan uang kerapkali menjadi penyebab putusnya hubungan antar manusia. Salah satunya disebabkan oleh utang atau meminjam uang.

Ada pula teman yang meminjam uang, namun hingga bertahun-tahun tidak segera dilunasi. Selain itu, seringkali peminjam uang justru marah ketika uangnya ditagih. Padahal pemberi utang hanya berusaha mengingatkan kewajiban untuk melunasi utang tersebut.

Kisah menarik tentang utang antara teman ini sempat viral di sosial media Facebook. Sebuah akun bernama Teja mengunggah daftar nama orang yang pernah berutang kepadanya.

Dalam unggahan tersebut, Teja menyebut bahwa dia telah merelakan orang-orang yang berutang kepadanya dan tidak akan menagih uang yang mereka pinjam alias dianggap lunas. Total jumlah uang yang telah direlakan Teja sekitar Rp 16,4 juta.

Berikut adalah penuturan Teja kepada Kompas.com (9/6/2020) tentang statusnya di Facebook yang kemudian menjadi viral di kalangan warganet.

Baca juga: Gara-gara Utang Rp 100.000, Pria Ini Bacok Teman Saat Tagih Ibunya hingga Menangis

Ditinggal umrah teman yang berutang Rp 10 juta

Pada postingan yang telah mendapat likes lebih dari 21 ribu itu, Teja menganggap lunas utang teman-temannya. Hal ini ia lakukan karena tidak mau lagi ada "drama" dan telanjur merasa lelah untuk menagih.

"Karena udah nggak mau drama-dramaan lagi jadi nama-nama di bawah ini saya bebasin ya utang-utangnya. Saya nggak mau nagih-nagih lagi, saya anggap LUNAS," tulis Teja di Facebook.

Teja pun menuliskan daftar nama-nama orang yang telah meminjam uang padanya lengkap dengan besarnya nominal, tahun, dan alasan pinjam uang. Total jumlah uang yang telah direlakan Teja sekitar Rp 16,4 juta.

"Sekali lagi saya confirm ke 10 nama di atas utang-utangnya saya anggap lunas. Nggak usah di tag nama-namanya karena saya tahu kalian semua selalu lihat story saya di FB, WA, IG. LUNAS LUNAS LUNAS," jelas Teja.

Baca juga: Utang Pinjaman Online Menggunung? Lunasi dengan 3 Cara Sederhana Ini

Kepada Kompas.com, Teja bercerita bahwa status tersebut tidak pernah ia rencanakan sebelumnya. Ia menulis status tersebut lantaran kesal terhadap salah satu temannya Ria Abriani yang berutang kepadanya.

"Waktu itu saya lihat story-nya dia, lagi sibuk mungkin persiapan Lebaran, kayak bisnis kue kering, belanja kue kering. Artinya dia punya uang seharusnya, saya pikir begitu. Harusnya dia bisa memprioritaskan bayar utang dulu, bukan malah untuk kebutuhan dia dulu," kata Teja

Teja kemudian menghubungi Ria melalui WhatsApp tetapi tidak dibaca, meskipun statusnya online. Teja juga menghubungi lagi melalui direct message (DM) Instagram, tetapi juga tidak dibaca.

Teja juga mengaku kesal kepada temannya yang bernama Ibnu. Dirinya mengakui bahwa dia dan Ibnu sebenarnya bersahabat lama, sekitar delapan tahun.

Dalam statusnya di Facebook, Teja menyebut bahwa Ibnu pernah berutang kepadanya sebesar Rp 10 juta di tahun 2017. Ibnu baru melunasi Rp 4 juta dan sisa pelunasan sebesar Rp 6 juta belum dibayar hingga sekarang.

"Karena teman, ya sudah saya percaya saja, saya kasih Rp 10 juta. Sempet bayar beberapa bulan kemudian, walaupun awalnya dia berjanji seminggu akan dilunasi. Dari seminggu terus meleset sebulan, kemudian setelah bayar Rp 4 juta sudah tidak ada kabar lagi," kata Teja.

Baca juga: PTPN Punya Utang Rp 48 Triliun, Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com