Ingin Donor Darah? Berikut Cara Aman Donor Darah Saat Pandemi Corona

Kompas.com - 10/06/2020, 06:17 WIB
Seorang warga secara sukarela mendonorkan darahnya di UTD PMI Garut sambil mengajak warga lainnya donor, Kamis (26/03/2020) KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANGSeorang warga secara sukarela mendonorkan darahnya di UTD PMI Garut sambil mengajak warga lainnya donor, Kamis (26/03/2020)

KOMPAS.com - Pandemi virus corona telah membatasi gerakan orang-orang di seluruh dunia.

Hal itu juga berdampak pada pasokan darah yang ada di pusat donor darah.

Dilansir Medical News Today, Senin (8/6/2020), menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) transfusi darah diperlukan jika seseorang kehilangan terlalu banyak darah karena cedera atau selama prosedur bedah.

Transfusi darah juga diperlukan pada orang yang tidak dapat memproduksi darah dengan benar.

Tanpa akses yang cukup untuk pasokan darah, banyak orang tidak akan menjalani prosedur transfusi darah yang menyelamatkan nyawa mereka.

Baca juga: Stok Darah RSPAD Menipis, KSAD Perintahkan Prajurit Donor Darah

Direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA (BPOM Amerika) Dr. Peter Marks mengatakan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pasokan darah AS.

Pusat donor telah mengalami pengurangan dramatis dalam donasi karena penerapan jarak fisik dan pembatalan pendonoran darah.

Marks menggambarkan para pendonor darah adalah orang-orang yang sangat penting.

Meskipun terdapat langkah-langkah penguncian fisik, sangat penting bahwa orang terus menyumbangkan darah.

Lalu bagaimana agar orang-orang tetap dapat melakukan donor darah dengan aman di tengah pandemi?

Baca juga: Bagaimana Hukum Donor Darah Saat Berpuasa?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X