Profil WHO, Badan Kesehatan Dunia yang Diancam Ditinggalkan AS dan Brasil

Kompas.com - 09/06/2020, 20:45 WIB
Ilustrasi Bendera WHO SHUTTERSTOCK.com/AKADESIGNIlustrasi Bendera WHO

 

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih menyelimuti banyak negara dunia membuat semua pihak terus bekerja keras dan berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasinya.

Tak terkecuali Badan Kesehatan Dunia ( WHO) yang juga memegang peranan signifikan dalam isu kesehatan masyarakat dunia.

Saran, anjuran, serta larangan yang dikeluarkan oleh salah satu badan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa ini menjadi acuan pemerintah negara-negara untuk selanjutnya diterapkan pada masyarakat di lapangan.

Baca juga: Covid-19, Trump Hentikan Hubungan dengan WHO

Namun, akhir-akhir ini beberapa negara justru mengancam akan keluar dari keanggotaan WHO akibat sejumlah ketidaksepahaman yang terjadi dalam penanganan pandemi.

Misalnya Amerika Serikat, Presiden Donald Trum mengancam akan mengakhiri hubungannya dengan WHO, karena dianggap gagal melakukan reformasi yang dibutuhkan.

Salah satunya mendesak China untuk memberi penjelasan setransparan mungkin soal virus corona yang pertama terdeteksi di sana.

Ada juga juga Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang juga mengancam akan keluar dari organisasi kesehatan itu setelah niatannya melonggarkan penguncian ditentang, karena kasus kematian yang masih terbilang tinggi di wilayah itu.

Tentang WHO

Seperti apa WHO, apa tugasnya, dan siapa saja orang di dalamnya?

Melansir dari CNN, (30/5/2020), WHO merupakan badan di bawah PBB yang dibentuk pada 1948, beberapa tahun setelah PBB itu berdiri.

Tugas WHO adalah mengoordinasi kebijakan kesehatan internasional, khususnya di bidang penyakit menular.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X