Informasi Viral soal Daun Sungkai untuk Obati Covid-19, IDI Sebut Belum Ada Penelitian Medis

Kompas.com - 30/05/2020, 16:28 WIB
Ilustrasi pasien virus corona KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi pasien virus corona

KOMPAS.com - Sebuah informasi beredar di media sosial Facebook menyebutkan bahwa telah ditemukan obat Covid-19, yaitu daun sungkai.

Informasi yang sama juga tersebar melalui grup-grup percakapan WhatsApp. Narasi yang beredar mengklaim bahwa obat itu ditemukan oleh dokter dari Jambi.

Di Facebook, informasi diunggah oleh salah satu akun di sebuah grup. Dalam unggahannya, berikut adalah caption yang ditulis:

Kabar gembira Lor.

Sudh di temukan obat covid 19.

Yaitu daun sungkai.obat ini ditemukan oleh dokter berasal dari jambi.

Para medis asal jambi tlah menyembuhkn 5 pasien yg positif CORONA.dan skrng daun sungkai akan di olah menjadih obat alternatif.

Semoga pemerintah Tau kabar ini semua supaya kmi bisa bekerja dan mencari Nafkah kembali. 

Unggahan yang menyebutkan bahwa daun sungkai bisa menyembuhkan infeksi virus corona menyebar di media sosial. IDI menyatakan, belum ada penelitian medis soal ini.Facebook Unggahan yang menyebutkan bahwa daun sungkai bisa menyembuhkan infeksi virus corona menyebar di media sosial. IDI menyatakan, belum ada penelitian medis soal ini.
Hingga Sabtu (30/5/2020) pukul 15.00 WIB, unggahan tersebut telah dibagikan ulang lebih dari 6.300 kali.

Adapun jumlah komentar dalam postingan ini telah mencapai 333 komentar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X