5 Tradisi Unik Lebaran di Dunia, dari Pesta Gula hingga Makan Biskuit

Kompas.com - 24/05/2020, 20:05 WIB
Silaturahim Lebaran ShutterstockSilaturahim Lebaran

KOMPAS.com - Setelah menempuh ibadah puasa selama sebulan penuh, umat Islam akan merayakan Hari Kemenangan atau Idul Fitri.

Di Indonesia, hari raya Idul Fitri jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.

Beberapa negara di dunia mempunyai sejumlah tradisi menarik untuk merayakan Idul Fitri ini. Misalnya, melukis tangan menggunakan henna, makan makanan khas di negaranya, kompetisi unik, hingga melakukan kebersihan makam.

Baca juga: Sudah Memasuki Ramadhan, Bagaimana jika Masih Memiliki Utang Puasa Tahun Lalu?

Berikut sejumlah tradisi Lebaran menarik yang ada di dunia.

1. Seker Bayrami di Turki

Pesta Gula (Seker Bayrami atau Idul Fitri) adalah festival yang digelar selama 3 hari setelah berakhirnya Ramadhan.

Dilansir dari Istanbul InsiderSenin (3/6/2019), dalam acara Seker Bayrami, masyarakat akan memilih permen untuk merayakan akhir Ramadhan selama Pesta Gula ini berlangsung di Istanbul, Turki.

Kata "Bayram" merupakan istilah yang digunakan dalam Bahasa Turki untuk liburan yang dirayakan secara nasional, baik resmi maupun keagamaan.

Ada dua istilah dalam bahasa Turki untuk liburan ini, antara lain Ramazan Bayram? (Pesta Ramadhan) mengambil namanya dari bulan Ramadhan dan ?eker Bayram? (Pesta Gula) datang berkat makanan istimewa dan kebanyakan manis yang disajikan untuk pengunjung.

Saat Seker Bayrami berlangsung, penduduk setempat merasakan libur sekolah dan libur dari rutinitas pekerjaan mereka selama tiga hari.

Orang-orang membersihkan rumah mereka, berbelanja makanan manis seperti permen dan cokelat, dan menyiapkan kue-kue tradisional, seperti baklava.

Tak hanya itu, masyarakat juga membeli pakaian agar terlihat gagah, nama pakaian itu yakni Bayramlik.

Selama Pesta Gula, penting untuk menghormati orang tua, oleh karena itu sebagian besar generasi muda mengunjungi orang yang lebih tua.

Salah satu favorit dari Pesta Gula adalah tradisi anak-anak berkeliling di lingkungan mereka, dari pintu ke pintu dan berharap orang-orang mendapatkan bayram dengan bahagia.

Baca juga: Bahaya yang Tersisa dari Manisnya Cokelat Hari Valentine...

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X