Sudah Memasuki Ramadhan, Bagaimana jika Masih Memiliki Utang Puasa Tahun Lalu?

Kompas.com - 24/04/2020, 17:16 WIB
Warga berdoa di masjid saat hari pertama puasa Ramadhan 1434 Hijriah di Jakarta, 10 Juli 2013. AFP PHOTO / ADEK BERRYWarga berdoa di masjid saat hari pertama puasa Ramadhan 1434 Hijriah di Jakarta, 10 Juli 2013.

KOMPAS.com - Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap umat Muslim. Perintah puasa sendiri telah termaktub dalam Surat Al Baqarah ayat 183.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa."

Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seorang Muslim tak bisa melaksanakan kewajiban itu, seperti perempuan yang sedang berada dalam masa haid dan nifas (darah yang keluar setelah melahirkan).

Baca juga: Shalat Tarawih di Rumah, Pilih 11 atau 23 Rakaat? Simak Penjelasan Lengkapnya

Nantinya mereka diwajibkan untuk mengganti utang puasa di hari-hari biasa setelah Ramadhan.

Lantas, bagaimana jika seseorang masih memiliki utang puasa dan sudah memasuki bulan Ramadhan berikutnya?

Dosen Fakultas Syariah Universitas Darussalam Gontor Dr Mulyono Jamal mengatakan kewajiban mengganti (qadha) puasa tersebut tetap ada dan tidak gugur.

"Bahwa meng-qadha sejumlah hari yang ditinggalkan itu tetap ada," kata Mulyono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

Baca juga: Berikut Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Selama Menjalankan Puasa Ramadhan

Kewajiban tambahan

Illustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahuluDok. Shutterstock Illustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu

Menurutnya, jika telah memasuki bulan Ramadhan berikutnya dan belum mengganti puasa, maka ada kewajiban tambahan, yaitu kafarat (denda) sebanyak setengah sha makanan pokok per hari yang ditinggalkan kepada fakir miskin.

 

Terkait ukuran satu sha, ada perbedaan pendapat di antara para ulama, tetapi ukuran satu sha menurut madzab Syafi'i adalah 2,75 kilogram.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar