Malaysia Lockdown, Pemerintah Sediakan Internet Gratis dan Diskon Pembayaran Listrik

Kompas.com - 29/03/2020, 12:15 WIB
Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin (kiri), berbicara dalam konferensi pers setelah pertemuan dengan Economic Action Council (EAC), di Kantor Perdana Menteri, Putrajaya, Malaysia, Senin (16/3/2020). FAZRY ISMAIL/EPA-EFEPerdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin (kiri), berbicara dalam konferensi pers setelah pertemuan dengan Economic Action Council (EAC), di Kantor Perdana Menteri, Putrajaya, Malaysia, Senin (16/3/2020).

KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia telah mengumumkan paket stimulus ekonomi sebesar 250 miliar ringgit atau sekitar Rp 925,4 triliun untuk membantu negara pulih dari dampak wabah Covid-19

Jumlah dana yang dialokasikan ini adalah sekitar 17 persen dari pendapatan domestik bruto (PDB) negara.

Melansi Business Insider, pada Jumat (27/3/2020), Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengatakanan, paket stimulus ekonomi yang disebut Prihatin Rakyat ini akan mencakup 128 miliar ringgit untuk melindungi kesejahteraan rakyat.

Berdasarkan laporan New Straits Times (NST), 100 miliar ringgit akan dialokasikan untuk mendukung bisnis. Sementara, 2 miliar ringgit telah dialokasikan untuk menguatkan perekonomian.

Sisanya, yaitu 20 miliar ringgit telah diumumkan sebelumnya pada 27 Februari lalu. 

"Terlepas dari apakah anda seorang nelayan di Kukup, Johor, atau petani kecil di Jeli, Kelantan, atau pedagang pasar malam di Kuala Lumpur, berdagang di Pasar Tamu di Kundasang, tidak akan ada yang ditinggalkan," kata Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin sebagaimana dikutip Business Insider.

Baca juga: Ini 5 Penelitian yang Memberikan Harapan dalam Melawan Corona

Internet gratis selama lockdown

Di antara dana yang akan digelontorkan oleh Pemerintah Malaysia, termasuk di dalamnya penyediaan internet gratis yang menghabiskan dana sekitar 600 juta ringgit atau Rp 2,22 triliun dari 1 April hingga perintah pengendalian pergerakan atau lockdown selesai.

Sementara, 400 juta ringgit akan digunakan untuk meningkatkan jangkauan dan kemampuan telekomunikasi.

Selain itu, dialokasikan pula dana sebesar 100 juta ringgit untuk penyimpanan makanan, infrastruktur distribusi, dan program integrasi panen.

Pengemudi mobil sewaan atau driver online juga akan diberikan bantuan satu kali sebanyak 500 ringgit atau sekitar Rp 1,85 juta. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X