Hilang Indra Penciuman Jadi Gejala Baru Infeksi Virus Corona, Bagaimana Mendeteksinya?

Kompas.com - 27/03/2020, 20:05 WIB
Ilustrasi indra penciuman ShutterstockIlustrasi indra penciuman

vKOMPAS.com - Beberapa gejala umum dari pasien yang terinfeksi virus corona adalah demam, batuk, sakit tenggorokan, dan kesulitan bernapas

Namun, gejala yang dialami pasien ternyata tidak hanya itu.

Melansir CNN, hilangnya indra penciuman juga dapat diindikasi menjadi gejala terinfeksi virus corona.

Gejala yang tidak biasa itu telah diidentifikasi oleh American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery.

Dalam sebuah pernyataan di laman American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, disebutkan bahwa gejala anosmia, atau berkurangnya indra penciuman, dan dysgeusia, atau kurang rasa, merupakan gejala seseorang mengalami Covid-19.

Baca juga: Kasus Infeksi Virus Corona Melalui Transmisi Lokal Kembali Ditemukan di China

Tak ada gejala lain

Selain itu, disebutkan pula bahwa anosmia dapat dikatakan menjadi gejala infeksi virus corona jika tidak ada gejala lain.

"Anosmia, khususnya, dapat terlihat pada pasien yang akhirnya dites positif untuk virus corona tanpa gejala lain," kata pernyataan itu.

Sejak lama, dalam literatur medis, hilangnya penciuman secara mendadak dapat dikaitkan dengan infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus corona jenis lain.

"Saya pikir, kita telah mendapatkan sedikit lebih banyak wawasan tentang gejala-gejala yang mungkin dialami pasien," kata Kepala Koresponden Medis CNN, Dr. Sanjay Gupta.

Sementara itu, Dr. Nirmal Kumar, Presiden ENT UK, sekelompok spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan Inggris, mengatakan, banyak pasien positif Covid-19 yang mengeluhkan hilangnya indra penciuman mereka.

Halaman:

Sumber CNN,Forbes,Time
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X