Tanggapan Kemenlu soal WNI yang Disebut Berwisata ke India dan Tak Bisa Pulang ke Tanah Air

Kompas.com - 26/03/2020, 17:45 WIB
Taj Mahal terlihat begitu indah. SHUTTERSTOCK/LEOKSTaj Mahal terlihat begitu indah.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan di media sosial Facebook mengenai warga negara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan ke India menyebar luas.

Sebuah foto yang diunggah pada Rabu (25/3/2020), mendapatkan perhatian banyak warganet.

Hingga Kamis (26/3/2020) siang, unggahan ini telah dibagikan lebih dari 2.100 kali dan pada kolom komentarnya terdapat lebih dari 2.800 tanggapan.

Pada narasi foto yang beredar, disebutkan bahwa ada rombonngan WNI yang berangkat ke India di tengah wabah virus corona.

Setibanya di sana, mereka tak bisa kembali ke Tanah Air karena India memberlakukan lockdown terkait virus corona.

Disebutkan, para WNI itu kemudian meminta bantuan untuk kembali ke Tanah Air dengan mengirimkan surat ke Kedutaan Besar Indonesia di New Delhi.

Mereka juga meminta bantuan makan sebanyak 3 kali sehari. Bagaimana informasi yang diperoleh Kemenlu soal ini? Benarkah demikian?

Berikut penjelasan Kemenlu dan Duta Besar RI untuk India, Arto Suryodipuro, saat dihubungi secara terpisah, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Cara Polisi India Tertibkan Warga yang Langgar Aturan Lockdown

Tanggapan Kemenlu

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.Kompas.com/SABRINA ASRIL Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.
Saat dihubungi Kompas.com, Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengatakan, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Indonesia sudah mengontak rombongan tersebut.

Menurut Teuku Faizasyah, pihak KBRI telah mengupayakan agar para WNI tetap tinggal di dalam hotel selama masa lockdown di India.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X