Tagar #Gempa Trending, Ini Dampak Gempa di Sukabumi dan Bogor

Kompas.com - 10/03/2020, 21:08 WIB
Gempa bumi mengguncang Sukabumi, Selasa (10/3/2020) pukul 17.18 WIB Dok. BMKGGempa bumi mengguncang Sukabumi, Selasa (10/3/2020) pukul 17.18 WIB

KOMPAS.com – Sukabumi diguncang gempa dengan kekuatan magnitude 5 pada Senin (10/03/2020) pukul 17.18 WIB.

Terkait dengan kejadian tersebut, Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan sampai dengan saat ini belum ada laporan korban jiwa.

“Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan jatuhnya korban jiwa,” ujarnya kepada Kompas.com Selasa (10/03/2020).

Agus mengatakan saat ini Tim BPBD bersama petugas gabungan lainnya melakukan kaji cepat untuk mendapatkan data lengkap terkait gempa tersebut.

Ia juga menuturkan, gempa yang terjadi mengakibatkan beberapa kerusakan di antaranya di kabupaten Sukabumi. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Gempa tersebut menyebabkan 1 unit rumah rusak di Kecamatan Kalapanunggal, 2 unit rumah rusak di Kecamatan Parakansalak, 1 unit rusak di Kecamatan Kabandungan, 1 unit rumah rusak di Kecamatan Cidahu,” ujar dia.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi menyebutkan, pihaknya mendapatkan informasi dari petugas di lapangan kerusakan salah satunya di Kampung Sangkali, RT 01/06 Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak.

"Ada warga yang terluka di bagian kepalanya karena tertimpa puing rumah yang ambruk akibat gempa berkekuatan 5.0 SR pada pukul 17.17 WIB," katanya.

Baca juga: Gempa 5 M Kedalaman 10 Km Guncang Sukabumi, Ini Update Kondisi Terkini

Bogor

Sedangkan di kabupaten Bogor dilaporkan 93 rumah rusak, di antaranya di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Total 93 itu laporan sementara dari tiap-tiap kampung," ujar Sekretaris Desa Purwabakti Wahyu seperti dikutip dari Kompas.com (10/3/2020).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.