Tembus 54 Negara, Virus Corona Dikonfirmasi di Nigeria, Lithuania, Selandia Baru dan Belarusia

Kompas.com - 28/02/2020, 14:35 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com -  Virus corona telah menyebar ke sub-sahara Afrika untuk pertama kalinya.

Menteri Kesehatan Nigeria, Osagie Ehanire, mengatakan bahwa kasus pertama di negaranya terjadi pada seorang berkebangsaan Italia yang telah bekerja di Nigeria. Ia kembali dari Italia menuju Lagos pada 25 Februari 2020.

"Secara klinis, pasien dalam kondisi stabil, tanpa gejala serius dan sedang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Menular di Yaba, Lagos," kata Ehanire sebagaimana dikutip dalam The Guardian.

Kasus ini merupakan kasus ketiga yang terjadi di benua Afrika. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya infeksi di benua ini adalah "sistem kesehatan yang rapuh".

Selain negara sub-sahara Afrika seperti Nigeria, kasus pertama virus corona Covid-19 juga dilaporkan oleh Pemerintah Lithuania.

Pasien tersebut merupakan seorang perempuan yang kembali minggu ini dari sebuah kunjungan ke bagian utara Italia, yaitu kota Verona. 

Baca juga: Karyawan Positif Terinfeksi Virus Corona, Hyundai Tutup Pabrik di Korea Selatan

Pasien berusia 39 tahun ini menghadiri sebuah konferensi dengan koleganya di Italia sebelum terbang ke selatan kota Kaunas. 

Mengutip Al Jazeera, perempuan tersebut telah diisolasi di sebuah rumah sakit di utara kota Siauliai. Ia berada di bawah pengawasan dan diketahui menunjukkan gejala ringan. 

Selain dua negara tersebut, New Zealand juga mengonfirmasi kasus pertamanya untuk virus corona Covid-19.

Menurut keterangan dari kewenangan kesehatan setempat, virus ini dikonfirmasi positif pada seorang berusia 60 tahunan yang baru kembali dari Iran.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X