Jakarta Masuk Daftar Kota di Dunia Paling Berisiko Tenggelam

Kompas.com - 28/02/2020, 07:10 WIB
Tampilan banjir Jakarta dari helikopter yang mengangkut Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat mereka meninjau kondisi banjir terkini pada Rabu (1/1/2020). DOKUMENTASI BNPBTampilan banjir Jakarta dari helikopter yang mengangkut Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat mereka meninjau kondisi banjir terkini pada Rabu (1/1/2020).

KOMPAS.com - Banyak kota besar di Asia berada di dataran rendah. Hal itu membuatnya rentan terhadap kenaikan permukaan laut dan cuaca ekstrem.

Dilansir dari Aljazeera (27/2/2020), sebuah studi yang dibuat oleh perusahaan konsultan risiko dan strategis global Verisk Maplecroft menganalisis 500 kota di seluruh dunia.

Kota-kota yang dipilih adalah yang memiliki lebih dari satu juta penduduk.

Verisk Maplecroft mengidentifikasi tempat-tempat yang kemungkinan akan mengalami kenaikan permukaan laut dari 67 sentimeter menjadi 2 meter (26-79 inci) pada 2100.

Hal itu sesuai dengan perkiraan ilmiah jika pemanasan global meningkat dengan kecepatan saat ini.

Dari studi tersebut ditemukan 11 dari 15 kota paling berisiko berada di Asia.

Beberapa yang paling berisiko adalah Dubai, Alexandria, dan New York.

Kota-kota besar Asia yang masuk daftar kota yang rentan terhadap kenaikan permukaan air laut dan cuaca ekstrem antara lain Tokyo, Jakarta, Ho Chi Minh, dan Shanghai.

Seorang analis perubahan iklim Verisk Maplecroft Rory Clisby di Singapura mengatakan Asia cenderung mengembangkan tanah yang mungkin ditinggalkan oleh bagian dunia lain.

Maksudnya, banyak kota di Asia yang berkembang pesat adalah pesisir dan dataran rendah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X