Antisipasi Corona, WNI di Kapal Diamond Princess Akan Diobservasi 28 Hari

Kompas.com - 28/02/2020, 05:50 WIB
Kru kapal Diamond Princess asal Indonesia minta segera dijemput Kru kapal Diamond Princess asal Indonesia minta segera dijemput

KOMPAS.com - Kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Jepang beberapa waktu lalu sempat menjadi tempat isolasi ribuan penumpang akibat penyebaran virus corona.

Di antara penumpang kapal tersebut, ada juga yang warga negara Indonesia (WNI).

Bahkan, sembilan WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) dikabarkan positif virus corona dan menjalani perawatan di Jepang.

Pemerintah rencananya akan memulangkan puluhan WNI di kapal Diamond Princess yang berlabuh di Pelabuhan Yokohama, Jepang, itu pada pekan ini.

"Paling sehari dua hari ini. Yang sana (Jepang) begitu slotnya dibuka akan kita terbangkan," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

Rencananya, pemerintah akan menggunakan pesawat berbadan lebar untuk mengevakuasi para WNI di Jepang.

Dengan demikian, imbuhnya, evakuasi bisa dilakukan secara langsung tanpa harus melakukan transit terlebih dahulu.

"Di Kemenko PMK tadi, saya juga ikut rapat, sudah diputuskan untuk segera dijemput dengan pesawat. Sekarang tinggal jadwal pesawatnya. Sudah disiapkan untuk mulai bisa terbang ke Jepang pakai wide body, bukan narrow body supaya bisa langsung terbang di mana nanti yang ditentukan. Tidak usah pakai transit," papar Terawan.

Baca juga: Mengapa Pasien Suspect Corona yang Meninggal di RSUP Kariadi Harus Dibungkus Plastik?

Karantina WNI

Setelah dievakuasi, para WNI akan terlebih dahulu menjalani proses observasi seperti halnya saat pemerintah mengevakuasi WNI dari Wuhan, China, beberapa waktu lalu.

Untuk tempat observasi, salah satu opsi yang bisa digunakan adalah Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X