Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Virus Corona, Ini Kebijakan Citilink soal Refund Tiket

Kompas.com - 11/02/2020, 16:32 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink memberikan kebijakan pengembalian dana penuh 100 persen bagi penumpang yang terdampak atas pemberhentian sementara penerbangan dari dan menuju China. 

Kebijakan ini diberlakukan mengingat penyebaran wabah virus corona yang meluas dengan cepat di daratan China.

"Terkait dengan pemberhentian sementara penerbangan Citlink dari dan menuju China, Citilink memberikan kebijakan full refund 100 persen bagi penumpang yang terdampak," kata VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/2/2020) siang.

Kebijakan tersebut akan diinformasikan kepada seluruh penumpang melalui pesan singkat dan e-mail oleh call center serta pengumuman di media sosial Instagram Citilink.

Baca juga: Refund Tiket AirAsia hingga 1 Maret 2020 untuk Destinasi China, Makau, dan Hong Kong

Saat dikonfirmasi terkait destinasi lain seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand yang sudah mengonfirmasi kasus positifi virus corona, pihak Citilink menyatakan bahwa penerbangan masih beroperasi dengan normal.

"Mengenai pengajuan refund, untuk pembelian melalui travel agent dapat menghubungi travel agent terkait. Sedangkan untuk pembelian melalui website kami dapat menghubungi call centre di 0804 1 080808 atau dengan mengajukan email ke refund@citilink.co.id," demikian pernyataan Citilink.

Di media sosial, penumpang pun menanyakan hal yang sama terkait kebijakan pengembalian dana untuk destinasi-destinasi tertentu dengan adanya wabah corona.

Selain Citilink, maskapai AirAsia juga melayani permintaan pengembalian dana dari calon penumpang untuk destinasi dari dan ke China, Hong Kong, dan Makau.

Sebelumnya, mengutip Kompas, 3 Februari 2020, Kementerian Perhubungan menginstruksikan seluruh maskapai, baik asing maupun nasional, untuk menunda operasional dari dan menuju China, terhitung mulai 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB.

Beberapa maskapai yang tercatat juga memiliki rute ke China adalah Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

Baca juga: Imbas Virus Corona, 4 Maskapai Ini Layani Refund Tiket untuk Tujuan Negara Terdampak

Dalam keterangan resminya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menyatakan menunda sementara rute penerbangan dari dan menuju China.

Adapun sejumlah penerbangan yang ditutup melingkupi destinasi Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou, dan Xi'an. Saat ini, Garuda melayani 30 frekuensi penerbangan setiap minggunya ke China.

Sementara, Vice President Corporate Secretary PT Sriwijaya Air Adi Willi Hanhari juga menyatakan kesanggupan menjalankan instruksi dari Kementerian Perhubungan.

Sriwijaya juga sebelumnya telah menghentikan sementara sejumlah rute penerbangan menuju China atas rekomendasi Otoritas Penerbangan China (Civil Aviation Administration of China/CAAC).

Keterangan yang sama juga datang dari Corporate Communications Strategic of Lion Mentari Airlines (Lion Air) Danang Mandala Prihantoro.

Ia menegaskan, perusahaannya kan menjalankan instruksi pemerintah dengan membatalkan sementara penerbangan dari dan menuju China.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Mitos dan Fakta Soal Virus Corona
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com