Mengenang Maestro Seni Lukis Jeihan Sukmantoro...

Kompas.com - 29/11/2019, 22:25 WIB
Makam yang sudah disiapkan di halaman belakang yang nantinya akan menjadi peristirahatan terakhir Jeihan. Foto diambil pada 16 Desember 2017. 
KOMPAS/MAWAR KUSUMA WULANMakam yang sudah disiapkan di halaman belakang yang nantinya akan menjadi peristirahatan terakhir Jeihan. Foto diambil pada 16 Desember 2017.
Penulis Mela Arnani
|


KOMPAS.com - Maestro seni lukis Indonesia Jeihan Sukmantoro mengembuskan napas terakhirnya, Jumat (29/11/2019) petang.

Pria kelahiran Surakarta, 26 September 1938, ini meninggal pada usia 81 tahun. Ia meninggal di studio lukisnya di Jalan Padasuka Nomor 147, Kota Bandung.

Jeihan diketahui sudah lama terbaring sakit akibat penyakit komplikasi.

Nama Jeihan dalam jagat seni rupa Indonesia mulai besar setelah berkolaborasi dengan pelukis kondang S Soedjojono dalam pameran bertajuk "Temunya 2 Ekspresionis Besar" pada 4-11 Agustus 1985 di Hotel Sari Pacific, Jakarta.

Ia pernah menyabet dua penghargaan, yakni Penghargaan Perintis Seni Rupa Jawa Barat pada 2006 dan Penghargaan Anugerah Budaya Kota Bandung pada 2009.

Diberitakan harian Kompas, 23 Mei 2013, alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini sejak beberapa bulan terakhir diketahui sibuk menyiapkan nisan. Bahkan, ia pergi ke Muntilan, Jawa Tengah, demi memburu pembuat nisan yang sesuai dengan desainnya.

Bangunan makam di belakang studionya di kawasan Pasirlayung, Padasuka, Bandung, juga sudah disiapkan.

”Lahir, hidup, dan mati itu siklus, sesuatu yang niscaya. Saya harus persiapkan kapan saya pulang,” kata Jeihan kala itu.

Baca juga: Mengenang Ciputra, dari Atlet Lari, Begawan Properti hingga Kelola Institusi Pendidikan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X