Mengenang Bahtiar Effendy, Anak Pesantren yang Mendunia...

Kompas.com - 21/11/2019, 18:11 WIB
Guru Besar Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah, Bahtiar Effendy KOMPAS/Hendra A SetyawanGuru Besar Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah, Bahtiar Effendy

KOMPAS.com - Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy meninggal dunia pada Rabu (20/11/2019) sekitar pukul 00.00 WIB di Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Bahtiar dikenal masyarakat sebagai sosok akademisi dan pengamat politik yang telah berkiprah besar di lingkup nasional maupun internasional.

Tak hanya itu, pria kelahiran Ambarawa, Jawa Tengah, 10 Desember 1958 ini juga merupakan salah satu pendiri Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Pendidikan

Mengutip dari situs resmi PPIM UIN Jakarta, ppim.uinjkt.ac.id, Bahtiar sempat mengenyam pendidikan di beberapa perguruan tinggi di luar negeri.

Awalnya, Bahtiar pernah menempuh pendidikan tingkat menengah di Columbia, negara bagian Montana dan menamatkan pendidikan di Pesantren Pabelan di Jawa Tengah.

Kemudian, ia melanjutkan studi pendidikan tinggi di IAIN Jakarta dan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Perbandingan Agama pada tahun 1986.

Tidak berhenti di jenjang pendidikan sarjana, Bahtiar meneruskan pendidikannya dan berhasil memperoleh dua gelar tingkat Master untuk Kajian Asia Tenggara di Ohio University di Athena pada 1988 dan Ilmu Politik dari Ohiro State University di Columbia pada tahun 1991.

Tiga tahun kemudian, dirinya menerima gelar Doktor untuk program studi Ilmu Politik di Ohio State University di Columbia.

Baca juga: Mengenang Legenda Bulu Tangkis Indonesia Johan Wahyudi...

Karier

Bahtiar dikenal cukup aktif dalam menuangkan gagasannya mengenai kondisi politik-religi di Indonesia.

Ia bahkan terpilih sebagai anggota American Political Science Association sekaligus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X