Kompas.com - 16/11/2019, 06:28 WIB
Juara Ganda All England: Tjun Tjun (kanan) dan Johan Wahyudi (kiri), saat menjadi juara ganda putra All England 1980, di Empire Pool Wembley, London, Sabtu, 22 Maret 1980. Mereka menjadi juara setelah mengalahkan pasangan Inggris, Ray Stevens/Mike Tredget Kartono Riyadi/KompasJuara Ganda All England: Tjun Tjun (kanan) dan Johan Wahyudi (kiri), saat menjadi juara ganda putra All England 1980, di Empire Pool Wembley, London, Sabtu, 22 Maret 1980. Mereka menjadi juara setelah mengalahkan pasangan Inggris, Ray Stevens/Mike Tredget

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis Indonesia, Johanes Wahyudi, atau yang lebih akrab disapa Johan Wahyudi meninggal dunia dalam usia 66 tahun.

Kabar duka itu diketahui dari unggahan akun Twitter PBSI @Badmintonindonesia, pada Jumat (15/11/2019).

Pria asal Malang yang lahir 10 Februari 1953 silam ini mulai menekuni dunia bulu tangkis sejak ia berusia 4 tahun.

Di bawah didikan sang ayah, Mangku Prayitno, Johan berhasil menjadi atlet bulu tangkis Jawa Timur.

Di usia 13 tahun, Johan mulai bergabung dengan klub Gajah Putih Malang yang dilanjutkan dengan berlatih bersama klub Rajawali Surabaya di setiap akhir pekan.

Usaha Johan tak sia-sia. Di era 1970an, ia berhasil meraih nama gemilang sebagai pemain ganda terbaik dunia bersama rekannya Tjun-Tjun.

Baca juga: Mengenal PB Djarum, Klub Bulu Tangkis dengan Segudang Talenta

Pertemuan dengan Tjun-Tjun

Atlet bulu tangkis Indonesia, Tjun Tjun (kanan) dan Wahyudi (kiri)Kartono Riyadi/Kompas Atlet bulu tangkis Indonesia, Tjun Tjun (kanan) dan Wahyudi (kiri)

Johan sempat menjadi juara kedua dalam kejuaraan bergengsi level nasional, Wahono Cup.

Berkat prestasinya itu, tahun 1972 ia dipanggil untuk mengikuti training centre atau yang sekarang dikenal dengan nama Pelatnas.

Melansir dari situs PB Djarum, pasangan ganda Johan wahyudi dan Tjun Tjun terbentuk saat persiapan penyelenggaraan Invitasi Dunia 1972 di Jakarta yang hanya diikuti 32 peserta terbaik dunia berdasarkan undangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.