Rahasia di Balik Tipe Pasangan Tiap Orang yang Berbeda

Kompas.com - 14/11/2019, 11:30 WIB
Ilustrasi pasangan hidup ShutterstockIlustrasi pasangan hidup

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki kriteria yang berbeda dalam mencari pasangan hidup. Namun, bagaimana seseorang dapat memutuskan satu pilihannya setelah bertemu dengan banyak orang di hidupnya?

Melansir dari laman Psychology Today, ada dua teori yang dapat dirujuk secara ilmiah untuk memahami fenomena ini.

Pertama adalah teori evolusioner. Teori ini mencakup kecenderungan perilaku, karakteristik fisik, dan kepribadian.

Pendekatan pada teori ini memprediksi bahwa perbedaan anatomi dan biologis antara setiap perempuan dan laki-laki akan menghasilkan preferensi berbeda terkait pilihan pasangan hidup.

Penelitian menunjukkan bahwa pada hubungan jangka panjang, secara umum, perempuan sangat memperhatikan pentingnya parameter status. Sedangkan laki-laki cenderung tertarik dengan wanita muda.

Baca juga: Bukan Khayalan, Ahli Buktikan Tipe Pasangan Tiap Orang Memang Nyata

Kedua, teori peran sosial yang dikembangkan oleh seorang psikolog Amerika Alice Eagly, berpendapat bahwa proses sosial lebih berperan dalam penentuan pilihan sosial seseorang.

Berdasarkan pendapat ini, keputusan memilih pasangan dipengaruhi oleh peran yang dijalankan perempuan dan laki-laki di masyarakat.

Oleh karena itu, preferensi seseorang dalam memilih pasangan diperkirakan untuk menggeser peran sosial dan norma.

Misalnya, seorang perempuan tertarik pada laki-laki yang memiliki kekuasaan dan uang karena masyarakat membatasi kemampuannya sendiri untuk memiliki kekuasaan dan uang.

Secara umum, motivasi seseorang dalam memilih pasangan dipengaruhi oleh hukum ketertarikan atau laws of attraction. Hukum ini mempengaruhi proses umum dari seseorang dalam memilih pasangan hidup. Hukum ini terdiri atas faktor-faktor berikut:

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X