Hari Ini dalam Sejarah: Peluncuran Apollo 12, Misi Pendaratan Kedua di Bulan

Kompas.com - 14/11/2019, 05:30 WIB
Tiga orang astronot Apollo 12,  Bean, Gordon, dan Conrad terlihat melalui lensa mata-ikan di dalam Command Module simulator. NASATiga orang astronot Apollo 12, Bean, Gordon, dan Conrad terlihat melalui lensa mata-ikan di dalam Command Module simulator.

KOMPAS.com - Kisah sukses perjalanan luar angkasa selalu menyisakan cerita. Seperti contohnya Apollo 11 yang berhasil membawa manusia mendarat di bulan.

Keberhasilan pendaratan tersebut kemudian membuat para ilmuwan kembali mengembangkan misi lain yang tak kalah ambisius.

Proyek Apollo 12 menjadi misi berawak kedua ke bulan. Melansir laman History, pesawat luar angkasa ini diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida pada 14 November 1969.

Tak hanya itu, pesawat ini mengangkut tiga orang astronot, di antaranya Charles Conrad Jr, Richard F. Gordon Jr, dan Alan L. Bean.

Peluncuran tersebut disaksikan langsung oleh Presiden AS, Richard Nixon di Cape Canaveral. Dia adalah presiden pertama yang menghadiri lepas landas penerbangan luar angkasa berawak.

Selang 36 detik setelah peluncuran, petir menghantam roket peluncur, Saturn 5. Kejadian ini menyebabkan jatuhnya pemutus sirkuit di modul perintah dan mengakibatkan kegagalan daya.

Baca juga: 50 Tahun Pendaratan di Bulan, 4 Inovasi yang Lahir Berkat Apollo 11

Untungnya, kejadian tersebut tidak menggagalkan misi Apollo 12.

Roket peluncur pulih dan berfungsi normal beberapa menit setelah kejadian dan berhasil meluncurkan pesawat ke luar angkasa.

Pada tanggal 19 November 1969, modul pendaratan Intrepid melakukan pendaratan presisi di tepi barat laut Ocean of Storms di Bulan. Sekitar lima jam kemudian, astronot Conrad dan Bean menjadi manusia ketiga dan keempat yang berjalan di permukaan bulan.

Kemudian, selama 32 jam berikutnya, mereka mengumpulkan sampel bulan serta menyelidiki pesawat ruang angkasa Surveyor 3. Pesawat ini merupakan alat penyelidikan tak berawak yang berhasil mendarat di bulan pada tahun 1967.

Lalu pada 24 November 1969, Apollo 12 berhasil kembali ke Bumi.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X