Masuk Musim Hujan, Konsumsi 5 Makanan Alami Ini Agar Tetap Sehat

Kompas.com - 11/11/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi makanan sehat shutterstockIlustrasi makanan sehat

KOMPAS.com - Musim hujan segera tiba. Sering kali, saat memasuki musim penghujan, kondisi dan daya tahan tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Upaya menjaga kesehatan tubuh sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tapi, salah satu hal utama yang perlu diperhatikan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mampu membantu tubuh agar tetap sehat.

Makanan yang kaya nutrisi dapat menjadi katalis untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jika dikonsumsi, makanan tersebut bukan hanya mampu mengoptimalkan sistem imun, tetapi juga membantu penyembuhan tubuh, menurunkan inflamasi, dan dapat membunuh bakteri berbahaya.

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat membantu menjadi hidup lebih produktif dan tubuh lebih sehat:

Baca juga: Tekanan Darah Rendah, Atasi dengan Jenis Makanan Ini

1. Alpukat

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2013, diketahui bahwa orang-orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah, lemak perut yang lebih sedikit, serta menunjukkan risiko yang lebih rendah dari gejala-gejala penyakit metabolisme.

Gejala-gejala penyakit metabolisme tersebut dapat memicu penyakit diabetes dan jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa pengonsumsian alpukat secara teratur dapat menurunkan tingkat kolesterol darah.

Orang-orang yang mengonsumsi alpukat juga cenderung memakan lebih banyak buah dan sayur-sayuran.

Konsumsi alpukat juga dapat menghasilkan kulit yang sehat. Sebab, alpukat mengandung vitamin C, E, dan K, yang juga penting untuk kesehatan kulit.

Selain itu, lemak sehat pada alpukat dapat membantu mencegah keriput. Sedangkan nutrien lainnya dapat membantu menurunkan kerusakan akibat matahari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X