Mobil Esemka Diprediksi Sulit Bersaing dengan Merek Jepang

Kompas.com - 07/09/2019, 17:53 WIB
Mobil ESEMKA KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMobil ESEMKA

KOMPAS.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis mobil Esemka akan laku keras di pasaran. Pernyataan tersebut dilontarkannya saat peresmian pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Meski baru produksi pertama, Jokowi menilai untuk kualitas mobil pikap Esemka Bima sudah cukup baik.

"Kalau ada kurang-kurang dikit, ya namanya juga pertama. Tapi sudah sangat bagus untuk produksi pertama," ungkap Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Jumat (6/9/2019).

Pakar otomotif Universitas Gajah Mada (UGM), Jayan Sentanuhady juga menilai mobil Esemka bakal memiliki peluang pasar yang bagus di industri otomotif nasional.

Namun, hal itu bisa terpenuhi jika mobil Esemka mampu mampu bersaing dalam hal harga, kualitas dan after sales service atau layanan purnajual yang bagus .

"Kalau tentang prospek saya kira orang Indonesia akan membeli harga yang kompetitif dan after sales service-nya yang bagus," ucap Jayan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (7/9/2019).

Kendati demikian, mobil Esemka imbuhnya akan tetap sulit bersaing dengan mobil brand Jepang jika selisih harga (untuk kelas yang sama) tidak berbeda secara signifikan.

"Saya rasa agak berat untuk bersaing (brand Jepang)," kata Jayan.

Koordinator program mobil listrik rendah emisi UGM ini juga menyebut mobil Esemka memiliki market yang lebih terbuka daripada mobil listrik karena untuk 10 tahun ke depan produk otomotif nasional masih akan menggunakan mesin berbahan bakar fosil.

"Untuk jangka pendek mobil listrik belum bisa diimplementasikan karena terkait dengan kesiapan infrastruktur, harga baterai yang masih tinggi dan teknologi yang relatif baru sehingga harganya mahal," ujar pria yang juga menjabat sebagai ketua research group Innovation Center for Automotive UGM ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X