Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, Ini Cara Mengatasi Trauma Usai Kecelakaan

Kompas.com - 03/09/2019, 15:10 WIB
Ilustrasi trauma dan kesedihan lolostockIlustrasi trauma dan kesedihan

KOMPAS.com - Tabrakan beruntun terjadi di tol Purbaleunyi kilometer 92, Jawa Barat, Senin (2/9/2019) siang sekitar pukul 12.30 WIB.

Tabrakan yang melibatkan sekitar 20 kendaraan itu menyebabkan setidaknya delapan orang meninggal dunia. Bahkan, ada mobil yang terbakar dalam kecelakaan tersebut.

Dalam setiap kecelakaan tentunya meninggalkan trauma mendalam bagi para korban yang selamat dan berefek panjang untuk kehidupan mereka.

Perasaan syok, marah, gugup, khawatir, takut atau gelisah pasti menghantui perasaan mereka. Para korban biasanya juga selalu terbayang-bayang peristiwa tragis itu.

Trauma pascakecelakaan bisa membuat hidup seseorang tidak bisa berjalan normal seperti sedia kala dan mengubah cara mereka berpikir. Trauma pascakecelakaan juga bisa mendatangkan berbagai masalah seperti berikut:

  • Perasaan gelisah yang terus-menerus.
  • Kecemasan saat mengemudi atau mengendarai kendaraan.
  • Tidak ingin menjalani tes atau prosedur medis.
  • Marah atau khawatir yang berlebihan.
  • Mimpi buruk atau sulit tidur.
  • Merasa tidak terhubung dengan acara atau orang lain.
  • Ingatan yang berkelanjutan dari kecelakaan yang tidak bisa dihentikan atau kendalikan.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi trauma pascakecelakaan, berikut hal-hal yang bisa kita lakukan:

1. Bicaralah dengan teman, kerabat, atau psikolog

Periksalah detail kecelakaan itu. Bicarakan tentang apa yang kita pikirkan, rasakan dan lakukan saat kecelakaan dan di hari-hari sesudahnya.

2. Tetap aktif dan sering berolahraga

Ambil bagian dalam kegiatan yang tidak mengganggu cedera yang kita alami saat kecelakaan. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui batasan tertentu saat berolahraga.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Purbaleunyi, Ini Aturan Berkendara yang Wajib Diketahui di Jalan Tol

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X