Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanaman yang Menarik Ular Masuk Rumah, Bersihkan untuk Mengusirnya!

Untuk mengusir ular dari tempat tinggal, pemilik rumah disarankan meminta bantuan tenaga profesional seperti pemadam kebakaran atau pawang ular.

Namun meski ular bisa diusir, reptil ini berpotensi kembali muncul karena tertarik oleh kondisi suatu rumah. Sebagai contoh, rumah yang kotor, diserang tikus, dan memiliki tanaman rimbun di halamannya dapat membuat ular datang.

Ternyata, ada beberapa tanaman yang menarik bagi reptil tersebut. Ular akan suka bersembunyi di tanaman rimbun atau semak-semak di halaman rumah. Jika dibiarkan, hewan ini dapat masuk ke rumah.

Lantas, apa saja tanaman yang menarik ular masuk rumah?

Tanaman yang menarik ular

Berikut sejumlah tumbuhan yang berpotensi menarik perhatian ular bahkan bisa dijadikan sarang di halaman rumah:

Hewan melata tersebut bukan terpancing berkat baunya, strukturnya yang rimbun membuat ular betah untuk bersarang menanti mangsa datang.

Tanaman bunga yang rimbun menjadi tempat tinggal ideal bagi kadal atau hewan herbivora lainnya. Ular akan terpancing berkat keberadaan mangsanya tersebut.

Tidak hanya pohon melati, tanaman cendana, wijaya kusuma, morning glory, dan rosemary juga menjadi tempat tinggal ideal ular.

2. Pohon cedar

Tanaman cedar atau aras mengeluarkan aroma khusus dari kayunya. Aroma ini menarik perhatian ular yang punya indra penciuman tajam.

3. Tanaman perdu

Tanaman perdu dengan semak-semak rimbun merupakan area terbaik untuk sarang ular.

Tanaman ini dapat berpotensi tumbuh tidak teratur dan lebat sehingga menjadi area tersembunyi bagi hewan melata tersebut.

Ini membuatnya menjadi area terbaik untuk tempat tidur ular karena dapat menyembunyikannya dari predator lain.

5. Pohon cemara

Pohon cemara atau Cupressus termasuk salah satu jenis pohon yang dapat ditempati ular.

Cemara tidak mengeluarkan aroma yang mengundang ular. Namun, mangsanya sering bersarang di bawah pohon ini akibatnya menarik reptil tersebut.

Akibatnya, rimbunan daun tersebut dapat menjadi tempat sembunyi ular.

8. Rumput tinggi

Dilansir dari Vistara News, rumput yang dibiarkan tumbuh terlalu tinggi hingga menutupi permukaan tanah menjadi tempat sembunyi bagi hewan pengerat dan serangga. Otomatis, kondisi ini menarik ular selaku predator hewan-hewan tadi.

9. Bambu

Bambu akan tumbuh lebat sehingga menimbulkan area tersembunyi yang lembap.

Lokasi ini menarik bagi mangsa ular sehingga sekaligus menarik predator tersebut.

10. Tanaman air

Tanaman yang tumbuh di dekat air seperti bunga lili air merupakan habitat bagi katak dan hewan lain karena menjadi sumber minum serta tempat persembunyian.

Hal ini akan mengundang ular.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/19/120000665/tanaman-yang-menarik-ular-masuk-rumah-bersihkan-untuk-mengusirnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke