Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Kerusuhan Perancis: Barisan Wali Kota Unjuk Rasa, Polisi Tetap Siaga

Situasi kerusuhan Perancis yang mulai mereda dilaporkan oleh sejumlah media internasional pada Senin (3/7/2023).

Guardian melaporkan, kerusuhan di Perancis terlihat mulai mereda setelah jumlah penangkapan oleh pihak kepolisian menurun drastis dari angka 719 menjadi 49 pada Minggu (2/7/2023).

Sementara itu, laporan lain menyebutkan jumlah penangkapan pada Minggu malam mencapai angka 150 orang.

Menurut laporan BBC, jumlah tersebut masih lebih rendah daripada total penangkapan yang mencapai 700-an orang pada Sabtu (1/7/2023).

Setelah kerusuhan mereda, para wali kota dari berbagai daerah di Perancis melakukan unjuk rasa di sejumlah Balai Kota pada Senin (3/7/2023).

Unjuk rasa tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas kekerasan dan penjarahan yang terjadi dalam kerusuhan Perancis.

Para wali kota bergerak setelah ada pemimpin daerah yang rumahnya menjadi sasaran amuk massa.

Vincent Jeanbrun, seorang wali kota di daerah bernama L'Hay-les-Roses, dilaporkan berada di Balai Kota ketika rumahnya diserang oleh perusuh.

Sementara itu, istri dan dua anak dari Vincent Jeanbrun disebutkan berada di rumah saat insiden penyerangan terjadi.

Dilaporkan Reuters, pada perusuh menyerang dengan membakar mobil dan meluncurkan kembang api ke arah rumah sehingga membuat istri dan anak-anak Vincent Jeanbrun harus kabur melalui halaman belakang.

"Saat berusaha melindungi mereka dan melarikan diri dari para penyerang, istri saya dan salah satu anak saya terluka," kata Vincent Jeanbrun.

Setelah itu, ratusan orang yang juga terdiri dari para wali kota dilaporkan hadir dalam unjuk rasa di L'Hay-les-Roses untuk mendukung Vincent Jeanbrun.

Meski situasi telah mereda, Presiden Perancis Emmanuel Macron tetap meminta Kementerian Dalam Negeri untuk menjaga kehadiran polisi di jalanan.

Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin juga telah mengatakan bahwa dirinya akan tetap mengerahkan petugas kepolisian untuk menjamin agar kondisi benar-benar menjadi tenang setelah kerusuhan.

Pada saat bersamaan, bus dan trem di Perancis akan kembali dihentikan.

Presiden Emmanuel Macron disebutkan juga bakal bertemu dengan wali kota dari 220 wilayah kota yang terkena dampak kerusuhan.

Awal kerusuhan Perancis

Diketahui, kerusuhan Perancis terjadi setelah polisi menembak mati seorang remaja berusia 17 tahun, yakni Nahel M.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, penembakan terjadi seusai Nahel M mencoba melarikan diri dari pemberhentian lalu lintas pada Selasa (27/6/2023).

Lalu, insiden penembakan itu terekam dan videonya tersebar di media sosial sehingga memicu kemarahan atas kekerasan polisi terhadap kelompok minoritas.

Kerusuhan kemudian pecah di berbagai kota di Perancis.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/04/113000565/update-kerusuhan-perancis--barisan-wali-kota-unjuk-rasa-polisi-tetap-siaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke