Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putri Ariani Dapat Beasiswa Kemendikbud, Berapa Biaya Kuliah di Juilliard School?

KOMPAS.com - Putri Ariani, peserta America's Got Talent 2023 asal Yogyakarta, menerima beasiswa untuk mewujudkan mimpi di The Juilliard School, New York, Amerika Serikat (AS).

Pemberian beasiswa tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Menurut Nadiem, pihaknya akan membantu Putri melalui Beasiswa Indonesia Maju (BIM) lantaran telah memberikan inspirasi luar biasa untuk negara ini.

"Maka dari itu, kami ingin merealisasikan mimpi Putri untuk berkuliah di kampus impian Putri, yang seleksinya sangat ketat. Jadi kami akan mendukung penuh lewat Beasiswa Indonesia Maju," ujar Nadiem, dikutip dari Kompas.com, Senin (12/6/2023).

Program BIM yang juga menyasar siswa kelas menengah atas dan sederajat, akan membantu Putri selaku penerima beasiswa mulai dari persiapan memasuki perguruan tinggi pilihannya.

"Jadi, selain beasiswa penuh saat kuliah nanti, dalam proses pendaftaran Putri ke kampus, persiapan untuk tes juga akan didukung lewat beasiswa ini," sambung Nadiem.

Menerima beasiswa dari Kemendikbud Ristek, lalu berapa biaya kuliah di Juilliard School?

Mengenal Juilliard School

Dikutip dari laman resmi, The Juilliard School adalah kampus yang menyelenggarakan pendidikan di bidang seni pertunjukan.

Berdiri sejak 1905, sekolah ini memiliki misi memberikan pendidikan artistik bagi musisi, penari, komposer, dan aktor berbakat dari seluruh dunia.

Terletak di Lincoln Center, New York City, AS, Juilliard terdiri dari beberapa program studi sarjana dan pascasarjana, termasuk tari, drama, serta musik.

Di luar kampus New York, Juilliard School juga menyediakan pendidikan K-12 atau pendidikan sekolah dasar dan menengah global, serta studi pascasarjana di Tianjin Juilliard School, China.

Saat ini, sekolah ini telah melahirkan lebih dari 800 artis yang berasal dari 44 negara di seluruh dunia.

Masih dari laman The Juilliard School, biaya pendidikan di kampus ini untuk tahun akademik 2023/2024 dapat mencapai miliaran rupiah.

Bukan hanya biaya kuliah, siswa juga akan dikenakan tarif asuransi, asrama, serta biaya lain selama tahun pertama atau sembilan bulan pendidikan.

Untuk biaya pendidikan di Juilliard School, dipatok mulai 53.300 dollar AS atau sekitar Rp 792.544.350 (kurs Rp 14.869,50).

Biaya asrama dengan kamar ganda (double room) dan makan, seharga 21.340 dollar AS atau setara Rp 317.315.130.

Setiap siswa juga harus membayar biaya asuransi kesehatan sekitar 3.000 dollar AS atau Rp 44,6 juta.

Selain itu, siswa tahun pertama turut dibebankan biaya orientasi sebesar 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,7 juta.

Dengan demikian, total biaya pendidikan di Juilliard School New York selama tahun pertama sekitar 77.890 dollar AS atau Rp 1,158 miliar.

Sementara itu, berdasarkan survei, siswa Juilliard School rata-rata akan mengeluarkan biaya untuk buku, persediaan, dan pengeluaran pribadi sebesar 4.000 dollar AS atau Rp 59,4 juta per tahun pertama.

Siswa juga akan mengeluarkan biaya untuk angkutan atau transportasi, rata-rata sebesar 2.002 dollar AS atau sekitar Rp 29,7 juta per tahun akademik.

Apabila ditotal dengan biaya tidak langsung, maka seorang siswa dapat mengeluarkan biaya sebesar 83.892 dollar AS atau Rp 1,247 miliar per tahun akademik.

Sebagai catatan, sumber biaya pendidikan di Juilliard School tersebut pun beragam, dapat berasal dari pembiayaan sendiri, beasiswa, pinjaman siswa, maupun hibah.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/14/110000765/putri-ariani-dapat-beasiswa-kemendikbud-berapa-biaya-kuliah-di-juilliard

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke