Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

18 Tempat Wisata Religi untuk Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Umat Islam di Indonesia umumnya melakukan wisata religi dengan mengunjungi berbagai masjid bersejarah maupun ziarah ke makam para Wali Songo.

Berikut daftar tempat wisata religi yang bisa dikunjungi saat libur Lebaran.

Wali Songo adalah sebutan bagi sembilan wali Allah SWT yang berdakwah menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa pada abad ke-14.

Kesembilan makam Wali Songo tersebar di Pulau Jawa, yaitu lima makam di Jawa Timur, tiga makam di Jawa Tengah, dan satu makam di Jawa Barat.

Dilansir dari Kompas.com, berikut lokasi makan Wali Songo.

1. Sunan Gresik

Makam Sunan Gresik atau Syekh Maulana Malik Ibrahim berada di Desa Gapura, Sukolilo, Gresik. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun Gresik dan Masjid Jami' Gresik.

2. Sunan Ampel

Sunan Ampel yang memiliki nama asli Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau Raden Rahmat ini dimakamkan di Kampung Ampel, tepatnya Jalan Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya.

3. Sunan Giri

Makam Sunan Giri yang memiliki nama asli Joko Samudro terletak di Jalan Sunan Giri, Dusun Giri Gajah, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

4. Sunan Bonang

Wali bernama asli Raden Makdum Ibrahim ini dimakamkan di Komplek Makam Sunan Bonang, Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban. Tempatnya berada di sebelah barat Masjid Agung Tuban.

5. Sunan Drajat

Sunan Drajat yang memiliki nama asli Raden Syarifudin atau Raden Qasim ini dimakamkan di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

6. Sunan Muria

Makam Sunan Muria atau Raden Umar Said terletak di Bukit Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

7. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga atau Raden Said dimakamkan di Kelurahan Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, tepatnya berjarak 2 kilometer dari Masjid Agung Demak.

8. Sunan Kudus

Makam Sunan Kudus atau Ja’far Shadiq terletak persis di belakang bangunan utama Masjid Menara Kudus. Lokasi tepatnya di Pejaten, Kauman, Kudus, Jawa Tengah.

9. Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati yang memiliki nama asli Syarif Hidayatullah ini dimakamkan di Komplek Makam Sunan Gunung Jati terletak di Jalan Alun-Alun Ciledug Nomor 53, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat.

Masjid bersejarah

Selain berkunjung ke makam-makam Wali Songo, masjid-masjid bersejarah di Indonesia juga bisa menjadi destinasi wisata religi yang bisa dituju umat Islam.

Dirangkum dari booklet Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja, berikut daftar beberapa masjid bersejarah di sepanjang jalur mudik yang bisa dikunjungi.

Lokasi: Jl. Komp. BPKP II Jalan Al-Hakim, Kampung Olo, Kec. Nanggalo, Padang, Sumatra Barat

Ini alasan mengapa masjid tersebut juga dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang. Masjid berkapasitas 20.000 jemaah ini juga tahan gempa hingga skala 10 magnitudo.

Lokasi: Jl. Khatib Sulaiman, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatra Barat.

Sekeliling masjid dihiasi ukiran, ornamen kaligrafi, serta motif diagonal. Masjid ini juga memiliki sebuah menara setinggi 99 meter dan area bercocok tanam seluas 2.000 meter.

Lokasi: Jl. Masjid Al-Akbar Timur No.1, Kec. Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.184, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Dengan daya tampung 15.000 jemaah, masjid tersebut dilengkapi lima kubah yang melambangkan rukun Islam dan salat lima waktu serta empat menara yang menyimbolkan ajaran Islam, yaitu akidah, akhlak, syariah, dan ibadah.

Lokasi: Jl. Satria - Sudirman, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten

Masjid ini diyakini memiliki tempat mustajab atau bisa menyembuhkan.

Lokasi: Jl. Merdeka Barat No.3, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

Lokasi: Jl. Mochtar, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Di area masjid juga terdapat sebuah sumur yang konon tidak pernah kering meski musim kemarau.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No. 36, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Itulah beberapa destinasi wisata religi yang bisa menjadi referensi libur Lebaran Anda.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/23/170000865/18-tempat-wisata-religi-untuk-dikunjungi-saat-libur-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke