Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Orangutan di Kalteng Bernama Satria Jago Koprol, Apakah Dilatih?

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan tingkah seekor orangutan melakukan koprol sepanjang jalan viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah (BKSDA Kalteng), @bksda_kalteng, Kamis (28/5/2022).

Adalah Satria, nama orangutan yang melakukan aksi koprol tersebut.

"Siapa ni yang tingkahnya sama seperti "Satria" orangutan remaja yang ada di camp Resak ketika weekend telah tiba," demikian tulis @bksda_kalteng.

Dari awal video, Satria sudah mulai berguling-guling.

Di pertengahan jalan, Satria sempat terdiam sejenak, dan tak lama setelahnya, kembali berguling melakukan koprol.

Tingkah Satria itu terekam oleh kamera trap di Suaka Margasatwa Lamandau, Kalteng.

Tidak dilatih

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW II) BKSDA Kalteng Dendi Sutiadi membenarkan adanya video tersebut.

Aksi Satria itu dilakukan di Camp Rasak, salah satu camp pelepasliaran yang ada di kawasan Suaka Margasatwa Lamandau pada 21 Maret 2022 pukul 10.24 WIB.

Namun, ia menjelaskan bahwa orangutan bernama Satria itu tidak dilatih untuk melakukan koprol atau gerakan berguling ke depan.

"Prinsipnya, orangutan yang ada di camp release tidak dilatih," ujarnya, ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (2/6/2022) siang.

Mengikuti perilaku satwa liar lainnya

Dendi bercerita, Satria didapatkan dari wilayah Kotawaringin Timur, Kalteng pada 2016.

Kini, usianya sudah menginjak 8 tahun.

"Ketika tahun 2016 (saat) Satria masih bayi, (mungkin) mengikuti prilaku satwa liar lainnya disekitar camp seperti monyet ekor panjang," kata dia.

"Ada kemungkinan ada perubahan prilaku Satria di alam liar ketika tidak bersama induknya, ketika diselamatkan oleh petugas BKSDA dalam keadaan masih bayi," lanjutnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/02/111000365/viral-video-orangutan-di-kalteng-bernama-satria-jago-koprol-apakah-dilatih-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke