Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[HOAKS] Menempelkan Bawang Putih di Tangan Bisa Mengobati Sakit Gigi

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa menempelkan bawang putih di pergelangan tangan dapat meredakan sakit gigi.

Cara tersebut diklaim ampuh mengobati sakit gigi, bahkan pada orang yang mengeluhkan sakit gigi menahun.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut adalah hoaks.

Menempelkan bawang putih di pergelangan tangan tidak mempunyai pengaruh apapun terhadap peredaan sakit gigi.

Karena sakit gigi terjadi pada syaraf gigi, yaitu saraf trigeminal, dan tidak ada hubungannya dengan syaraf yang ada di tangan.

Klaim menempelkan bawang putih di pergelangan tangan untuk meredakan sakit gigi juga merupakan hoaks berulang yang sebelumnya beredar pada 2019.

Narasi yang beredar

Cara meredakan sakit gigi dengan menempelkan bawang putih di pergelangan tangan dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini.

Berikut narasi selengkapnya:

"Dari kemaren seliweran status ummahat yang pake metode baput (bawang putih) ini buat ngurangin sakit gigi, sy ucapkan terimakasih banyak

Dengan seizin Allah, begitu di praktekin langsung sembuh, alhamdulillah.

Yang menderita sakit gigi menahun seperti suami sy, monggo di praktekin, baput di geprek, tempelin di pergelangan tangan.
Pake lakban biar ga lepas.

Kalo sakit gigi sblah kanan, pasang bawang putih sblag kiri, begitu sebaliknya.

Buat yang kulitnya sensitif cukup 15-20 menit.

Tp kalo yang kaya suami sy ini udh 1 jam malah ga mau di lepas, enak katanya anget sebadan-badan. Ampe keringetan malem2 gini. Berasa sehat katanya.

Alhamdulillahh pokoknya, ada pengganti obat2an kimia,"

Narasi serupa pernah beredar dan viral pada 2019.

Penelusuran Kompas.com

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, cara mengobati sakit gigi dengan menempelkan bawang putih ke pergelangan tangan sempat viral pada 2019.

Namun, cara tersebut telah dibantah oleh pakar kesehatan gigi.

Diberitakan Kompas.com, 5 Juli 2019, pendiri Difa Oral Health Center Jakarta drg. Widya Apsari Sp.PM mengatakan, secara medis, menempelkan bawang putih di pergelangan tangan tidak mempunyai pengaruh apapun terhadap peredaan sakit gigi.

"Enggak ada hubungannya. Kan sakit gigi ya saraf di gigi, yaitu saraf trigeminal, enggak nyambung sama saraf di tangan," kata Widya.

Widya mengatakan, menempelkan bawang putih di pergelangan tangan hanya akan mengalihkan rasa sakit.

Karena bawang putih menghasilkan sensasi panas di kulit, dan bahkan jika kulit sensitif, dapat muncul rasa perih hingga melepuh atau terbakar.

Penyebab sakit gigi

Widya menjelaskan, sakit gigi muncul karena adanya karies atau lubang gigi.

"Pada dasarnya sakit gigi itu disebabkan oleh kondisi gigi yang berlubang sampai mencapai lapisan pulpa atau saraf gigi," ujar dia.

Karies terbagi menjadi beberapa tahapan. Pada awalnya, karies hanya di lapisan enamel gigi atau lapisan paling atas dari gigi.

"Pada tingkatan ini, kita sama sekali tidak merasakan keluhan apapun. Jadi umumnya orang awan tidak tau keberadaan karies enamel ini," ujar Widya.

Pada tingkat kedua, karies mencapai lapisan dentin. Lapisan dentin posisinya lebih dekat dengan pulpa atau saraf gigi, sehingga biasanya akan muncul rasa linu ketika mengonsumsi makanan dingin.

"Pada kondisi ini seseorang biasanya sudah merasa ada yang tidak beres dengan giginya. Tapi karena tidak terlalu menganggu jadi biasanya diabaikan saja," tutur Widya.

Pada tingkatan lebih lanjut, jika karies dentin dibiarkan dan ditambah endapan sisa makanan di dalam gigi, maka proses karies atau gigi berlubang akan terus terjadi sampai lapisan pulpa.

Pada tahap ini akan terasa sakit yang luar biasa, karena pulpa merupakan bagian yang berisi saraf gigi.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, klaim menempelkan bawang putih di pergelangan tangan ampuh mengobati sakit gigi merupakan hoaks berulang yang pernah beredar pada tahun 2019 dan telah dibantah pakar kesehatan gigi.

Menempelkan bawang putih di pergelangan tangan tidak mempunyai pengaruh apapun terhadap peredaan sakit gigi.

Karena sakit gigi terjadi pada syaraf gigi, yaitu saraf trigeminal, dan tidak ada hubungannya dengan syaraf yang ada di tangan. 

Menurut dokter gigi, menempelkan bawang putih di tangan hanya mengalihkan rasa sakit gigi yang dirasakan, sebeb bawang putih memiliki efek panas jika terkena kulit dalam waktu lama.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/20/150000265/hoaks-menempelkan-bawang-putih-di-tangan-bisa-mengobati-sakit-gigi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke