Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Bahan yang Ampuh Membasmi Kutu Putih pada Aglonema

KOMPAS.com - Aglonema yang subur, kuat, dan sehat tentu menjadi dambaan bagi para pecinta tanaman hias.

Ada banyak faktor yang harus diperhatikan agar tanaman aglonema tumbuh sesuai dengan yang diinginkan, mulai dari penyiraman, pemupukan, penempatan, hingga penjagaan dari serangan hama.

Berbagai hama, seperti kutu putih yang sering terdapat di tanaman aglonema dapat menggangu pertumbuhan tanaman karena mengambil nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh, serta menghalangi paparan sinar matahari yang seharusnya dapat diterima lebih maksimal oleh tanaman.

Dikutip dari kanal Youtube Taman Inspirasi melalui KOMPAS.com, kutu putih tidak tahan dengan matahari karena ia memiliki lapisan lilin yang berfungsi melindungi tubuhnya.

Lantas, bagaimana cara membasmi hama kutu putih pada aglonema?

Berikut ini dua bahan yang ampuh basmi kutu putih pada aglonema, sehingga tanaman hias tersebut dapat tumbuh sehat, kuat, dan sehat.

Larutan air deterjen dan puntung rokok

Dua bahan yang bisa digunakan untuk membasmi hama kutu putih pada tanaman hias aglonema adalah air deterjen dan puntung rokok.

Caranya, buat dulu air larutan puntung rokok. Rendam puntung rokok dalam jumlah yang secukupnya selama semalaman.

Setelah itu, campurkan air larutan puntung rokok dengan deterjen cair yang telah dilarutkan bersama 500 ml air.

Usahakan perbandingan antara larutan air puntung rokok dan air deterjen adalah 250:500 ml

Aduk semua bahan hingga rata, kemudian bersihkan daun yang terserang kutu putih dengan cara menggosokkan larutan tersebut dengan menggunakan spons.

Penggunaan spons ini sangat dianjurkan karena memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak merusak daun aglonema.

Setelah dibersihkan dengan campuran air sabun dan puntung rokok, diamkan selama 30 menit, lalu semprot dengan air bersih untuk menghilangkan residu dari hama dan juga sabun cuci.

Manfaat air larutan deterjen dan puntung rokok

Air larutan deterjen dan puntung rokok dapat mempercepat kematian kutu putih yang mengganggu pertumbuhan aglonema.

Sebenarnya, air larutan deterjen saja sudah cukup untuk membasmi kutu putih, namun campuran puntung rokok dapat mempercepat proses tersebut.

Jika tanaman aglonema terserang hama kutu putih dalam jumlah yang banyak, buat air larutan deterjen dan puntung rokok yang lebih pekat.

Begitupun sebaliknya, jika hanya sedikit kutu putih yang menempel pada daun aglonema, larutan yang dibuat pun tidak perlu terlalu pekat.

Jangan lupa, setelah mengaplikasikannya, bersihkan daun dengan menggunakan air bersih. Cukup semprot dan lap menggunakan kain atau spons bersih.

Usai tak ada hama yang menempel pada tanaman, tambahkan nutrisi dari pupuk NPK agar nutrisi yang diserap kutu putih dapat langsung tergantikan.

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/25/172502365/2-bahan-yang-ampuh-membasmi-kutu-putih-pada-aglonema

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke