Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berikut Cara Indonesia dan Negara Lain Tangani Virus Corona

KOMPAS.com - Indonesia telah secara resmi mengumumkan adanya kasus infeksi virus corona Covid-19 di negaranya. Ada dua kasus yang dilaporkan, yaitu dialami oleh pasien 1 dan pasien 2. 

Data terbaru per Rabu (4/3/2020) menunjukkan bahwa sudah ada lebih dari 75 negara yang mengonfirmasi kasus virus corona Covid-19 di negaranya. Sebanyak 93.158 kasus telah dikonfirmasi, di mana ada 3.198 kasus kematian.

Sementara, sebanyak 50.690 pasien telah dinyatakan sembuh. 

Mewabahnya virus Covid-19 menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah di berbagai negara di dunia. 

Sejumlah upaya telah dilakukan oleh setiap negara untuk menangani ataupun mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas. 

Berikut adalah langkah beberapa negara dalam menghadapi virus corona Covid-19 di negaranya:

1. China

Virus corona Covid-19 pertama kali ditemukan pada akhir 2019 di Wuhan, China. Setelah itu, penyakit pun semakin menyebar.

Setelah itu, pemerintah China melakukan isolasi di Kota Wuhan, yang merupakan ibu kota Provinsi Hubei.

Saat kasus terus bertambah dan semakin meluas, pemerintah kemudian memutuskan untuk mengisolasi kota-kota lain di Provinsi Hubei.

China juga melakukan pembangunan dua rumah sakit khusus untuk menangani virus corona, yaitu RS Huoshenshan dan RS Leishenshan. 

Pada 28 Februari, Wuhan juga membangun 16 rumah sakit sementara untuk penanganan virus corona. 

Selain itu, digunakan pula sejumlah teknologi untuk menghadapi dan menangani wabah virus yang terjadi, di antaranya adalah kode, drone, perawatan e-medis, hingga perawat robot dan diagnosis AI.

Terbaru, ada lebih dari 50 persen pasien virus corona di China yang dilaporkan sembuh dan telah diperbolehkan keluar dari rumah sakit. 

Atas dasar itu, Otoritas Kota Wuhan di China melaporkan penutupan salah satu dari 16 RS darurat yang telah dibangun untuk menangani pasien Covid-19.

2. Korea Selatan

Di luar China, jumlah kasus terbanyak Covid-19 yang dilaporkan terjadi di Korea Selatan. Hingga Rabu (4/3/2020), total kasus yang telah dikonfirmasi sebanyak 5.328 dengan jumlah kematian sebanyak 28.

Sementara, untuk jumlah pasien sembuh telah mencapai 41 orang.

Pemerintah Korea Selatan juga telah melakukan sejumlah upaya sejak virus corona Covid-19 dideteksi di negaranya.

Salah satunya adalah dengan menemukan cara inovatif untuk menguji virus corona baru pada pasien, yang terinspirasi dari sistem drive-through.

Di utara Kota Goyang, para pengemudi berhenti di tempat parkit di mana mereka bertemu dengan petugas kesehatan. 

Pengemudi kemudian pergi ke beberapa lokasi di mana perawat dalam jas pelindung dari plastik, masker, hingga pelindung wajah, mendaftarkan pengemudi, memeriksa suhu tubuh, dan mengambil sampel dari tenggorokan dan saluran hidung.

Korea Selatan memiliki lebih dari 500 titik pengetesan virus corona, yang telah menguji lebih dari 100.000 orang. 

Sebelumnya, pemerintah Korea Selatan juga telah menerapkan sejumlah kebijakan, seperti larangan masuk ke negaranya hingga pembatasan ketat pada turis yang berangkat ke Korea Selatan. 

3. Iran

Iran menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di Timur Tengah. Hingga Rabu (4/3/2020), jumlah kasus yang dilaporkan telah mencapai 2.336 kasus dengan 77 kematian. Sementara, 291 pasien telah dinyatakan sembuh.

Beberapa pejabat publik pun sempat dilaporkan terinfeksi Covid-19, di antaranya adalah Wakil Presiden Mosoumeh Ebtekar. 

Hingga kini, Presiden Hassan Rouhani mengatakan bahwa pemerintah belum berencana untuk melakukan isolasi kota Qom, yang menjadi sumber penyebaran corona di Iran.

Namun demikian, Rouhani mengungkapkan, pemerintah tetap akan melanjutkan penerapan kebijakan "isolasi individu".

4. Vietnam

Vietnam merupakan salah satu di antara empat negara yang melaporkan seluruh pasien Covid-19 di negaranya telah sembuh dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit.

Sebelumnya, tercatat 16 pasien yang dikonfirmasi positif Covid-19. 

Menurut perwakilan WHO di Vietnam, Dr Kidong Park, kesuksesan pemerintah Vietnam adalah sebagai akibat dari sikap proaktif dan konsistensi sepanjang respons yang dilakukan. 

Setelah Vietnam mengumumkan peningkatan jumlah kasus Covid-19 menjadi 6 kasus, kementerian memerintahkan seluruh penduduk Son Loi untuk tinggal dalam isolasi selama 20 hari. 

Para pekerja kesehatan juga telah diperintahkan untuk mengikuti beberapa protokol dalam menguji infeksi dan tingkat keparahannya. 

Selain itu, kementerian menginstruksikan sekolah-sekolah untuk melakukan pembersihan kelas sebelum murid-murid melanjutkan pelajaran.

5. Indonesia

Pada Senin (2/3/2020), Pemerintah Indonesia mengumumkan adanya kasus infeksi virus corona Covid-19 di negaranya. 

Dua pasien positif Covid-19 pun dibawa ke salah satu rumah sakit rujukan khusus yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Terbaru, pemerintah telah menetapkan kasus penyebaran Covid-19 sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Dampaknya, penanganan kasus sepenuhnya diambil alih oleh negara, termasuk dalam pembiayaan penanganan pasien.

Untuk mengantisipasi penyebaran informasi yang tidak tepat terkait virus ini, pemerintah juga menunjuk Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto sebagai juru bicara untuk penanganan virus corona. 

Terkait pencegahan virus corona, Kementerian Kesehatan menyatakan telah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan di 32 provinsi yang dinilai mampu menangani pasien jika ada yang terkonfirmasi virus tersebut.

Di DKI Jakarta setidaknya ada tiga rumah sakit rujukan, yaitu RSPI Dr Sulianti Saroso, RSU Persahabatan, dan RSPAD Gatot Soebroto.

Selain itu, pemerintah tengah menyiapkan rumah sakit khusus penanganan virus corona (Covid-19) di Pulau Galang, sebuah pulau di Batam, Kepulauan Riau.

Presiden Jokowi mengatakan, ada fasilitas kesehatan yang sudah lama tidak digunakan di pulau itu. Oleh karena itu pemerintah akan merenovasinya dalam waktu singkat.

Jokowi menyebut, renovasi rumah sakit ini dilakukan demi kecepatan dalam penanganan virus Corona.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/04/152217865/berikut-cara-indonesia-dan-negara-lain-tangani-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke