Sebab Khusus Perang Dunia II di Wilayah Asia Pasifik

Kompas.com - 04/07/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Perang Dunia II yang berlangsung sejak 1939 hingga 1945 terjadi di tiga titik utama, yaitu Eropa, Afrika Utara, dan Asia Pasifik.

Di Asia Pasifik, perang ini disebut sebagai Perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya, yang terjadi antara Jepang dan Sekutu.

Perang Pasifik terjadi sejak 7 Desember 1941 hingga 2 September 1945.

Sebab khusus Perang Dunia II di wilayah Asia Pasifik adalah serangan bom di pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, di Hawaii.

Baca juga: Tujuan Utama Jepang Mengobarkan Perang Pasifik

Mengebom Pearl Harbour

Awal mula meletusnya Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik ditandai dengan adanya serangan bom di pangkalan militer AS di Pearl Harbour, Hawaii, oleh Jepang.

Pada 7 Desember 1941, ratusan pesawat Jepang menyerang Pangkalan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii.

Maksud serangan yang dilakukan Jepang terhadap AS adalah sebagai bentuk antisipasi guna mencegah armada Pasifik AS menyerang Kekaisaran Jepang.

Maka dari itu, Jepang mengirim sekitar 300 pesawat tempur, baik pesawat pengebom maupun pesawat torpedo ke Pearl Harbour.

Selama dua jam penuh, Pearl Harbour diserang secara masif oleh pesawat tempur Jepang, yang mengakibatkan delapan kapal perang Angkatan Laut AS rusak dan empat di antaranya hangus.

Selain itu, sekitar 188 pesawat AS, tiga kapal penjelajah, tiga kapal perusak, satu kapal pelatihan anti-pesawat, dan satu minelayer berhasil dihancurkan.

Baca juga: Arti Penting dan Posisi Pearl Harbor bagi Jepang

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kompas.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.