Samba, Tarian Asal Brasil yang Berakar dari Afrika

Kompas.com - 04/07/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Tari Samba adalah tarian yang berasal dari negara Brasil dengan ciri khas gerakan yang lincah dan penuh hentakan.

Apabila ditelusuri sejarahnya, tarian yang populer di Eropa Barat dan Amerika Serikat pada awal 1940-an ini memiliki akar budaya dari Afrika.

Kini, tari Samba menjadi identitas budaya bagi orang Brasil dan merupakan salah satu tarian terpopuler di dunia dari Amerika Selatan.

Baca juga: Sejarah Pemindahan Ibu Kota Brasil dari Rio de Janeiro ke Brasilia

Asal tari Samba

Istilah "samba" merujuk pada salah satu tarian duet yang berasal dari Kongo dan Angola.

Tari Samba diperkenalkan oleh orang-orang Afrika setibanya di Brasil pada abad ke-19.

Hal itu terjadi pada masa perbudakan orang-orang Afrika, yang ditempatkan oleh para penjajah Eropa di perkebunan di Brasil.

Tari Samba diciptakan dari budaya dan musik tradisional Afrika. Namun, dalam perkembangannya, musik tarian Samba telah dipengaruhi oleh banyak genre musik dan tarian Amerika Latin.

Setelah era perbudakan berakhir, para penari Samba pindah ke Favela atau kota kumuh di Brasil. Di Favela, mereka membentuk kelompok tari untuk festival atau karnaval.

Dari situlah, tari Samba semakin digemari dan populer hingga ke luar Favela, yang umumnya ditampilkan dalam sebuah karnaval atau festival tari.

Baca juga: Favela, Pemukiman Sarang Kriminal di Brasil

Penyebaran tari Samba

Tari Samba baru mendapatkan momentum untuk dikenal luas pada 1920-an.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.