Tokoh-tokoh Pembaharu Islam di Mesir

Kompas.com - 29/12/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah Revolusi Prancis pada 1789, negara itu mulai mengalami kemajuan pesat hingga menjadi saingan berat bagi Inggris.

Seiring perkembangannya, kedua negara tersebut kerap terlibat konflik. Sampai pada akhir abad ke-18, Inggris berusaha untuk mengembangkan kepentingan-kepentingannya di India, pasca-mundurnya Dinasti Mughal.

Prancis yang berada di bawah kekuasaan Napoleon Bonaparte kemudian berusaha memutus komunikasi antara Inggris dan India dengan menguasai Mesir.

Masih di tahun yang sama, Napoleon berhasil menguasai Mesir, yang membuat para umat Islam merasa terjajah oleh bangsa Barat.

Oleh sebab itu, mulai muncul tokoh-tokoh yang melakukan pembaharuan Islam di Mesir.

Lalu, siapa saja tokoh-tokoh pembaharuan Islam di Mesir?

Baca juga: Karya dan Pemikiran Ibnu Khaldun

Muhammad Ali Pasha

Muhammad Ali Pasha merupakan salah satu tokoh yang gencar menyuarakan pembaharuan islam di Mesir yang lahir dari keluarga sederhana.

Kendati demikian, ia mampu membangun karier sebagai pemungut pajak, kemudian masuk ke dinas kemiliteran dan menjadi perwira.

Sewaktu Napoleon Bonaparte menyerang Mesir, Muhammad Ali Pasha dikirim untuk memimpin pasukannya melawan Prancis dan mampu menyelesaikan misinya dengan baik.

Setelah berhasil memukul mundur pasukan Prancis, rakyat Mesir mulai menaruh simpati yang besar kepadanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.