Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zaman Protosejarah, Masa Transisi Menuju Periode Sejarah

Kompas.com - 23/12/2021, 10:00 WIB
Lukman Hadi Subroto,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Zaman protosejarah adalah suatu periode antara zaman prasejarah dan sejarah, di mana suatu masyarakat belum mengembangkan teknik menulis tetapi bukti keberadaan mereka dapat ditemukan dari sumber tertulis bangsa lain.

Selain itu, pada zaman ini manusianya sudah mulai melakukan hubungan antarmasyarakat dalam berbagai bidang.

Zaman protosejarah merupakan peralihan atau transisi dari masa prasejarah menuju ke periode sejarah.

Di Indonesia, periode protosejarah dimulai pada masa awal tahun masehi, di mana terdapat sumber-sumber tertulis dari China.

Baca juga: Corak Kehidupan Manusia Zaman Prasejarah

Zaman Protosejarah di dunia

Seperti halnya periode prasejarah, zaman protosejarah juga dialami oleh masyarakat di berbagai belahan dunia dalam kurun waktu yang berbeda-beda.

Misalnya, di Eropa, bangsa Celtic dan suku-suku Jermanik dianggap memasuki zaman protosejarah ketika bukti keberadaan mereka muncul dalam sumber-sumber Yunani dan Romawi.

Di belahan dunia lain, periode Proto-Tiga Kerajaan Korea (masa setelah jatuhnya Joseon Kuno dan sebelum berkembangnya Kerajaan Goguryeo, Baekje, dan Silla), Zaman Yayoi di Jepang, dan Budaya Mississippian, yang dicatat oleh penjelajah Eropa awal, adalah contoh lain dari zaman protosejarah.

Sementara di China, zaman protosejarah diduga berlangsung antara 1500 SM-841 SM, atau dimulai pada periode Dinasti Shang.

Zaman protosejarah juga dapat merujuk pada periode transisi antara munculnya literasi dalam masyarakat dan tulisan-tulisan sejarawan pertama.

Selain itu, munculnya kelompok melek huruf dan masih adanya golongan buta huruf juga termasuk dalam kategori protosejarah.

Sedangkan tanda bahwa masyarakat memasuki zaman sejarah adalah ketika masyarakatnya mengenal aksara dan memiliki peninggalan tertulis.

Baca juga: Perbedaan antara Zaman Sejarah dan Prasejarah

 

Berikut ini ciri-ciri zaman protosejarah.

  • Di suatu tempat telah terdapat bukti-bukti adanya goresan, pahatan, atau lukisan yang diduga sebagai bentuk aksara, tetapi belum dapat diidentifikasikan artinya hingga sekarang.
  • Berita mengenai masyarakat di suatu wilayah sudah disebut oleh bangsa lain yang mengunjunginya dan yang telah mengenal aksara. Adapun bangsa yang dicatat beritanya itu masih belum mengenal aksara.

Zaman Protosejarah di Indonesia

Zaman protosejarah di Indonesia diyakini berlangsung pada awal Masehi sampai sekitar abad ke-4, yang merupakan masa awal Nusantara menapaki zaman sejarah.

Berdasarkan bukti yang tercatat, periode ini ditandai dengan adanya berita dari China dan uraian kasusatran India.

Sumber-sumber China menyebut bahwa wilayah di ujung timur melimpah hasil rempah-rempahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com