Catatan Lengkap 41 Atlet Peraih 37 Medali Olimpiade bagi Indonesia

Kompas.com - 05/08/2021, 19:36 WIB
Ilustrasi logo dan medali-medali olimpiade. SHUTTERSTOCK/KOVOP58Ilustrasi logo dan medali-medali olimpiade.

INDONESIA telah mengumpulkan 37 medali sepanjang keikutsertaan di Olimpiade sejak 1952. Medali pertama baru didapat pada 1988. Ada 41 atlet punya kontribusi atas capaian tersebut hingga Olimpiade Tokyo 2020.

Jumlah atlet melebihi medali karena sejumlah cabang olahraga mempertandingkan nomor berpasangan dan atau beregu. Catatan 37 medali olimpiade datang dari cabang olahraga yang resmi dipertandingkan.

Ini perlu digarisbawahi. Karena, badminton sejatinya telah mencatatkan sejarah kedigdayaan pula di olimpiade sejak masih menjadi nomor demonstration sports pada Olimpiade Munich 1972 dan exhibition sports pada Olimpiade Seoul 1988.

Baca juga: Jejak Indonesia di Sejarah Badminton Olimpiade dari Masa ke Masa

Untuk catatan awal juga, ada dua medali olimpiade bagi atlet Indonesia yang baru belakangan diterima, bukan saat ajang multieven itu berlangsung. Ini karena para atlet penerima medali di kemudian hari dinyatakan terbukti menggunakan doping.

Tambahan medali yang baru belakangan didapat itu adalah untuk hasil Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2017, Raema Lisa Rumbewas dinyatakan berhak menerima medali perunggu untuk cabang angkat besi kelas 53 kilogram putri dari Olimpiade Beijing 2008. Ini menggeser Nastassia Novikawa dari Belarus yang dinyatakan menggunakan doping.

Mantan atlet angkat besi nasional Lisa Rumbewas (tengah) terharu ketika menerima piagam penghargaan sebagai peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 cabang angkat besi kelas 53 kilogram dari anggota senior Komite Olimpiade Internasional Rita Soebowo (kiri) dan Ketua Olimpiade Indonesia Erick Thohir (kanan) di Jakarta, Minggu (3/12/2017). Saat Olimpiade Beijing 2008, Lisa hanya menempati peringkat empat kelas itu. Namun, hasil itu dikoreksi setelah tahun 2016, Komite Olimpiade Internasional menyatakan bahwa peraih medali perunggu kelas tersebut asal Belarusia Nastassia Novikava teruji positif menggunakan doping turinabol dan stanozolol. Seusai menerima medali, pin, dan medali yang telah dinanti sembilan tahun itu, Lisa sempat ambruk pingsan. Ia tak kuasa menahan haru atas capaian tersebut.KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH Mantan atlet angkat besi nasional Lisa Rumbewas (tengah) terharu ketika menerima piagam penghargaan sebagai peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 cabang angkat besi kelas 53 kilogram dari anggota senior Komite Olimpiade Internasional Rita Soebowo (kiri) dan Ketua Olimpiade Indonesia Erick Thohir (kanan) di Jakarta, Minggu (3/12/2017). Saat Olimpiade Beijing 2008, Lisa hanya menempati peringkat empat kelas itu. Namun, hasil itu dikoreksi setelah tahun 2016, Komite Olimpiade Internasional menyatakan bahwa peraih medali perunggu kelas tersebut asal Belarusia Nastassia Novikava teruji positif menggunakan doping turinabol dan stanozolol. Seusai menerima medali, pin, dan medali yang telah dinanti sembilan tahun itu, Lisa sempat ambruk pingsan. Ia tak kuasa menahan haru atas capaian tersebut.

Sebelumnya, pada 2016, terkuaknya kasus doping menempatkan Citra Febrianti berhak menerima medali perak cabang angkat besi kelas 53 kilogram putri dari Olimpiade London 2012.

Semula, Citra ada di peringkat keempat klasemen. Namun, penerima medali perak dan perunggu cabang angkat besi kelas 53 kilogram putri Olimpiade London 2012 dinyatakan terbukti doping. 

ARSIP KOMPAS Artikel di harian Kompas edisi 5 Agustus 2016 yang antara lain memuat informasi tentang perolehan medali bagi Citra Febrianti dari Olimpiade London 2012 karena terkuaknya kasus doping atlet penerima m

Daftar 41 atlet Indonesia peraih medali olimpiade 

Biar enggak lupa atas capaian dan persembahan terbaik atlet-atlet Indonesia di olimpiade, berikut ini 41 nama dan sumbangsih mereka sesuai urutan abjad:



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.