Di Balik Emas Greysia/Apriyani, Ada Eng Hian yang Nyaris Dicopot PBSI

Kompas.com - 03/08/2021, 19:40 WIB
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu melakukan selebrasi dengah pelatih mereka Eng Hian setelah mengalahkan lawannya ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). Greysia Pollii/Apriyani Rahayu berhasil meraih medal emasi setelah mengalahkan Chen/Jia Yi Fan dua set langsung dengan skor 21-19 dan 21-15. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPebulu tangkis ganda putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu melakukan selebrasi dengah pelatih mereka Eng Hian setelah mengalahkan lawannya ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). Greysia Pollii/Apriyani Rahayu berhasil meraih medal emasi setelah mengalahkan Chen/Jia Yi Fan dua set langsung dengan skor 21-19 dan 21-15.

KOMPAS.com - Eng Hian dulu nyaris dicopot sebagai pelatih ganda putri Indonesia. Kini, dia mengantarkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Eng Hian ditunjuk PBSI sebagai pelatih ganda putri untuk pelatnas Cipayung pada 2014 dan langsung mempersembahka gelar.

Pria yang akrab disapa Didi itu membawa Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari juara Asian Games pada tahun debutnya sebagai pelatih.

Namun, karier kepelatihan mantan partner Flandy Limpele di nomor ganda putra itu tak sepenuhnya berjalan mulus.

Baca juga: Momen Haru Apriyani Rahayu Menangis di Pelukan Eng Hian Usai Raih Medali Emas

Dia pernah hampir dicopot sebagai pelatih ganda putri beberapa tahun lalu. Hal itu diceritakan oleh Hariyanto Arbi lewat Instagram pribadinya.

"Sedikit cerita di belakang layar. Pada tahun 2016, terdengar kabar bahwa Coach Eng Hian mau diganti. Saya kaget dan sedikit tidak rela," kata Hariyanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kenapa tidak rela? Karena saya melihat dia seperti 'bibit bagus', ibarat pertama yang belum dipoles," imbuhnya.

"Dari mana saya bisa bilang demikian? Tentunya saya melihat tidak hanya dari yang tampil di permukaan, tapi juga lihat dari hal-hal kecil yang kadang luput dari penilaian orang, namun menurut saya hal kecil ini justru penting," kata sosok pemilik smash 100 watt itu.

Baca juga: Hasil Final Badminton Olimpiade Tokyo, Greysia/Apriyani Raih Medali Emas!

Pada akhirnya, Eng Hian bisa membuktikan diri bahwa dia memang sosok yang tepat untuk melatih ganda putri.

Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang dibentuknya pada 2017, sukses menghadirkan prestasi tertinggi bagi Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber Instagram
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.