Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supardi dan Achmad Jufriyanto, Dua Sahabat yang Kini Berpisah Jalan

Kompas.com - 02/02/2020, 19:40 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir, menjadi sosok yang paling merasa kehilangan dengan hengkangnya Achmad Jufriyanto.

Jupe, sapaan akrab Achmad Jufriyanto, memutuskan pamit dari Persib untuk kali ketiga. Bek berusia 32 tahun itu sebelumnya sempat meninggalkan Persib pada 2015 dan awal musim 2018.

Bagi Supardi, Jupe adalah sahabat karibnya. Maklum, sejak 2009, Supardi hampir selalu bermain satu tim bersama Jupe. Kebersamaan Supardi dan Jupe dimulai saat keduanya membela Pelita Jaya.

Dari sana, Jupe selalu mengikuti ke mana Supardi bermain, baik saat di Sriwijaya FC hingga akhirnya berlabuh di Persib.

Baca juga: Achmad Jufriyanto Pamit dari Persib Bandung di Tanggal Debut

Keduanya sempat berpisah selama satu musim pada 2012. Saat itu, Supardi pindah ke Persib, sementara Jupe memilih bertahan di Sriwijaya FC.

Akan tetapi, semusim kemudian, Jupe pun ikut Supardi ke Persib.

Lebih kurang dua musim membela Persib, keduanya pun kembali ke Sriwijaya FC. Namun, kembali ke Persib pada awal musim 2017.

Sayangnya, menuju musim 2018, Jupe harus hengkang dari Persib dan memilih berkarier di Malaysia bersama Kuala Lumpur FA. Namun, satu musim kemudian, Jupe kembali ke Persib, dan bermain lagi bersama Supardi.

"Saya sama Jupe itu sudah main lama sekali. Mulai dari Pelita Jaya, Sriwijaya, dan Persib. Sempat balik ke Sriwijaya lagi dan akhirnya kembali Persib," kata Supardi.

"Dari 17 tahun karier saya di sepak bola, hanya empat tahun saya tidak main bareng Jupe. Sisanya saya terus main bareng Jupe. Jadi memang sudah lama bersama," kata dia.

Baca juga: Achmad Jufriyanto dan Kenangan Manis bersama Persib Bandung

Ada banyak kenangan indah yang sulit dilupakan Supardi selama delapan tahun bermain bersama Jupe. Paling diingat adalah momen keduanya membantu Persib menjuarai Liga Super Indonesia (LSI) 2014.

"Ada banyak lagi tentunya karena momen kebersamaan selalu sama Jupe. Kami juga tidak pernah cari rumah kalau main di luar kota, kami kalau main pasti pilih tinggal di mes, jadi banyak momen pentingnya," kata Supardi.

Selain dengan Jupe, Supardi pun sering bermain bersama dengan Muhammad Ridwan dan Firman Utina. Kebersamaan empat pemain tersebut juga diawali ketika mereka memperkuat Pelita Jaya pada 2009.

Akan tetapi, sejak musim 2017, keempatnya mulai berpisah. Saat itu Jupe dan Supardi memilih kembali ke Persib. Sementara itu, Ridwan memutuskan kembali ke PSIS Semarang, sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada awal musim 2018.

Adapun Firman Utina sejak lepas dari Sriwijaya FC pada awal musim 2017, dia sempat bergabung dengan Bhayangkara FC dan Kalteng Putra FC pada musim 2018, sebelum akhirnya pensiun.

Baca juga: Kata Geoffrey Castillion Soal Rasa Nyaman di Persib Bandung

"Kebersamaan sama Jupe, Firman, dan Ridwan, kami terus berempat. Karena sekarang Jupe sudah memutuskan pergi dari Persib, jadi kami berempat pisah lagi," ucap Supardi.

"Wallahualam bakal bisa bersama Jupe lagi atau tidak ke depannya. Yang pasti saya mendoakan di mana pun Jupe berada, dia selalu diberikan yang terbaik oleh Allah," tutur dia.

Hengkangnya Jupe, hanya tersisa Supardi dan I Made Wirawan, anggota Class of'14 dalam skuad Persib saat ini. Sebelumnya, pada akhir musim 2019, Persib juga mengumumkan melepas Hariono.

Class of'14 Persib adalah skuad emas klub berjulukan Maung Bandung itu.
Selain gelar juara LSI 2014, Class of'14 juga mengantar Persib menjadi juara Piala Presiden 2015.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com