Akibat Wabah Virus Corona, Lalu Muhammad Zohri Batal Ikut Kejuaraan Atletik Asia di China

Kompas.com - 26/01/2020, 21:27 WIB
Indonesias Muhammad Zohri competes in a semi-final heat of the mens 100m athletics event during the 2018 Asian Games in Jakarta on August 26, 2018. (Photo by Jewel SAMAD / AFP) AFP/JEWEL SAMADIndonesias Muhammad Zohri competes in a semi-final heat of the mens 100m athletics event during the 2018 Asian Games in Jakarta on August 26, 2018. (Photo by Jewel SAMAD / AFP)

KOMPAS.com - Kejuaaran Atletik Asia Indoor 2020 yang akan dilangsungkan di Huangzhou, China pada 12-13 Februari dipastikan batal lantaran wabah virus corona.

Diberitakan Kompas.com, pelari andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri dijadwalkan akan mengikuti dua kejuaraan di China sebagai persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Dua event itu yakni 9th Asian Indoor Championship dan World Athletics Indoor Tour. 

Baca juga: Virus Corona Menyebar di China, Kualifikasi Tinju Olimpiade 2020 Pindah ke Yordania

Namun, Kejuaraan Asia Indoor 2020 atau 9th Asian Indoor Championship batal terlaksana lantaran wabah virus corona yang kian mengkhawatirkan.

Virus yang muncul di Wuhan, China, itu kini telah menyebar ke berbagai negara di dunia dengan catatan lebih dari 2.000 orang terinfeksi dan 56 orang meninggal dunia.

Melihat wabah virus corona yang semakin menyebar luas, akhirnya beberapa event olahraga yang berlangsung di China dibatalkan, termasuk 9th Asian Indoor Championship 2020.

Pengumuman tersebut dikeluarkan oleh Asosiasi Atletik Asia (AAA) hari Minggu (26/1/2020) dan diunggah di akun Instagram resmi milik PB PASI.

Dalam unggahannya, PB PASI mengatakan menerima keputusan AAA untuk membatalkan kejuaraan tersebut.

"Dengan mempertimbangkan kondisi China yang sedang bergelut dengan penyebaran virus Corona dan risiko terhadap atlet dan ofisial atletik, maka Asosiasi Atletik Asia (AAA) dengan terpaksa memutuskan untuk membatalkan kejuaraan Asian Athletic Indoor 2020 yang akan berlangsung pada 12-13 Februari 2020 di Huangzhou, China," tulis PB PASI.

"PB PASI yang berencana menurunkan @lalusprinter (Lalu Muhammad Zohri) sebagai ajang pemanasan sebelum turun di Olimpiade 2020 menerima putusan tersebut dan menyampaikan duka mendalam bagi China dan khususnya Asosiasi Atletik China atas bencana kesehatan ini. Semoga semua bisa ditangani dan kembali seperti semula," lanjut PB PASI dalam unggahannya di Instagram.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dengan mempertimbangkan kondisi China yang sedang bergelut dengan penyebaran virus Corona dan resiko terhadap kesehatan para atlet dan official Atletik maka Asosiasi Atletik Asia (AAA) dg terpaksa memutuskan utk membatalkan kejuaraan Asian athletics Indoor 2020 yg akan berlangsung pada 12 -13 Februari 2020 di Hangzhou, China. PB PASI yng berencana menurunkan @lalusprinter sebagai ajang pemanasan sblm turun di Olimpiade 2020 menerima putusan tersebut dan menyampaikan duka mendalam bagi China dan khususnya Asosiasi Atletik China atas bencana Kesehatan saat ini, semoga semua bisa ditangani dan kembali seperti semula...????????#atletikIndonesia #athleticsindonesia #athletics #asianathletics

A post shared by Pasi Pusat (@pasipusat) on Jan 26, 2020 at 3:21am PST

Baca juga: Jelang Olimpiade 2020 Tokyo, Lalu M. Zohri Ikut 2 Kejuaraan di China

Sebelumnya, kualifikasi tinju untuk Olimpiade Tokyo 2020 juga dibatalkan atas keputusan Gugus Tugas Tinju (BTF) Komite Olimpiade Internasional.

Kualifikasi itu awalnya akan berlangsung di kota awal penyebaran virus corona yakni Wuhan, China, sebelum akhirnya dipindah ke Amman, Yordania, pada 3-11 Maret mendatang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X